SOLOPOS.COM - Selena Gomez (JIBI/Solopos/Reuters)

Emma Watson (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Para penggemar bintang serial Harry Potter, Emma Watson, harap berhati-hati! Soalnya nama aktris cantik ini justru paling banyak dimanfaatkan para penjahat dunia maya atau cyber criminals untuk memancing para pengguna internet yang tidak waspada memasuki situs yang justru berbahaya.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

Perusahaan jasa keamanan internet, McAfee, seperti dikutip Daily Mail menyatakan saat ini Emma Watson menjadi “artis paling berbahaya” dalam pencarian di internet. Banyak situs yang menggunakan nama pemeran karakter Hermione Granger ini untuk memancing pengguna internet untuk secara tidak sadar mengunduh program yang berbahaya atau untuk mencuri identitas mereka.

Saking berbahayanya, menurut McAfee saat ini kemungkinan pengguna internet masuk ke situs berbahaya gara-gara mencari Emma Watson adalah satu berbanding delapan. McAfee sudah enam kali melakukan penelitian khusus soal selebriti yang rawan jadi pemancing pengguna internet. Tahun lalu, selebritis yang “paling berbahaya” adalah Heidi Klum.

Selena Gomez (JIBI/SOLOPOS/Reuters)

Menurut penelitian McAffee, pesohor perempuan paling banyak dimanfaatkan oleh para penjahat dunia maya. Selain Emma Watson, di urutan berikutnya adalah para artis lain seperti Jessica Biel, Eva Mendes, Selena Gomez dan Halle Berry. McAfee menyatakan pula, pesohor kalangan atlet atau penyanyi masih relatif “lebih aman” ketimbang bintang film dan model.

Para pengguna internet harus mewaspadai program-program tersembunyi yang ada di lokasi-lokasi seperti alamat URL yang dipersingkat, yang bisa menyebar lewat email, pesan singkat atau situs jejaring sosial.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya