SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.smartdetoxsynergy.com)

Ilustrasi (www.smartdetoxsynergy.com)

STOCKHOLM — Sebuah studi di Swedia menyebutkan para pria yang menggunakan suplemen vitamin C berada pada posisi tertinggi dari risiko penyakit batu ginjal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Telah lama diduga dosis tinggi vitamin C dapat meningkatkan risiko batu ginjal,” ujar Pemimpin Peneliti Laura Thomas di Karolinska Institutet di Stockholm, Selasa (5/2/2013). Hal itu dikarenakan beberapa dari vitamin itu diserap oleh tubuh, lalu diekskresikan dalam urin sebagai oksalat, satu komponen kunci dari batu ginjal.

Thomas dan timnya yang temuannya muncul dalam kedokteran internal JAMA, menggunakan data dari sebuah studi besar pria Swedia yang berusia setengah baya dan tua untuk menjawab sejumlah pertanyaan tentang diet dan gaya hidup mereka, lalu dilacak untuk rata-rata 11 tahun.

Analisis ini melibatkan 907 orang pria yang mengatakan mereka menggunakan secara rutin vitamin C tablet dan lebih dari 22.000 orang yang tidak menggunakan suplemen gizi. Dari pengguna vitamin C, terdapat 3,4% di antaranya menderita batu ginjal untuk pertama kalinya, dibandingkan dengan 1,8% dari non pengguna suplemen.

Pria yang menggunakan suplemen vitamin C setidaknya sekali sehari memiliki risiko tertinggi pada penyakit batu ginjal.

Untuk suplemen yang beredar di Swedia biasanya berisi 1.000 miligram (mg) vitamin C per tablet, sedangkan suplemen vitamin C di Amerika Serikat mengandung 500 mg atau 1.000 mg. Namun, para peneliti menuturkan karena tidak ada manfaat yang jelas terkait dengan menggunakan dosis tinggi vitamin C maka orang-orang yang memiliki penyakit batu ginjal di masa lalu mungkin akan berpikir ulang untuk mengkonsumsi suplemen tambahan.

“Vitamin C memang merupakan bagian penting dari diet yang sehat, tapi setiap efek vitamin C terhadap risiko batu ginjal cenderung bergantung pada dosis dan kombinasi nutrisi yang dikonsumsi,” ungkap Thomas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya