Awas! ATM yang Sepi Jadi Sasaran Pelaku Skimming

 Beberapa ATM yang ada di area toko modern berjejaring masih belum dapat digunakan karena terjadi gangguan satelit Telkom 1, Senin (28/8/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

SOLOPOS.COM - Beberapa ATM yang ada di area toko modern berjejaring masih belum dapat digunakan karena terjadi gangguan satelit Telkom 1, Senin (28/8/2017). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

Polri mengungkapkan lokasi ATM yang sepi menjadi sasaran para pelaku skimming beraksi.

Solopos.com, JAKARTA — Mabes Polri mengungkapkan pelaku tindak pidana pembobolan ATM nasabah atau skimming sering dilakukan di sejumlah ATM yang sepi ?nasabah dan terletak di lokasi terpencil. Situasi itu membuat peretas lebih mudah melakukan aksinya.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, ?Brigjen Pol Mohammad Iqbal?, mengemukakan ?pelaku biasanya akan menaruh alat khusus pada mesin ATM yang sepi nasabah untuk membobol uang pengguna secara bertahap. Menurutnya, pelaku skimming dinilai lebih mudah membobol uang nasabah yang tidak dikontrol manajemen area publik tempat mesin ATM ditaruh.

“Jadi begini para pelaku pakai modus skimming itu dia mencari letak ATM yang jarang dikontrol oleh publik area. Maksudnya katakanlah pertokoan yang ada di tempat-tempat terpencil waralaba waralaba yang ada makanya Polri mendorong agar semua aware terhadap ATM ini,” tuturnya, Selasa (20/3/2018).

Dia mengimbau agar pelaku industri perbankan lebih sering melakukan pengecekan secara rutin agar pembobolan mesin ATM dengan modus skimming tersebut tidak terjadi lagi di kemudian hari. Selain itu, kepolisian juga mendesak agar industri perbankan bekerja sama dengan baik kepada pihak manajemen publik dimana mesin ATM itu akan digunakan nasabah.

“?Polri mendorong agar perbankan lebih aware terhadap cek dan kontrol bergandengan dengan manajemen public area yang lokasinya ditempati ATM. Kami juga dorong agar perbankan meningkatkan keamanan daripada ATM itu,” katanya.

?Menurutnya, modus pembobolan mesin ATM dengan metode skimming itu sudah seringkali dilakukan oleh peretas. Dia menjelaskan pada 2016, Polri juga telah menangkap pelaku pembobolan ATM melalui metode skimming. Pada 2017 modus tersebut sempat menghilang dan terakhir muncul pada tahun ini. Artinya perbankan harus lebih meningkatkan sistem keamanan pada mesin ATM.

“Teknologi dan pola serangan itu kan selalu berubah-ubah dan biasanya menjadi lebih canggih. Modus skimming itu kan 2016 sudah kita bongkar, 2017 mengendap dan 2018 muncul lag?i. Makanya perbankan harus lebih aware lagi dengan keamanan,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Hasil Piala Dunia 2022: Uruguay Atasi Ghana 2-0

      Uruguay mengatasi Ghana 2-0 pada laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022  di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Resmi! Lanjutan Kompetisi Liga 1 Dimulai 5 Desember 2022, Solo Jadi Tuan Rumah

      Lanjutan kompetisi Liga 1 akhirnya digelar mulai 5 Desember 2022 dengan sistem bubble tanpa penonton di stadion.

      Waduh! Balapan F1 di China Batal Lagi, Sudah 4 Kali Berturut-Turut

      Balap mobil F1 yang sedianya digelar di China kembali dibatalkan karena malasah Covid-19 yang tak kunjung selesai di negeri tersebut.

      Hasil Piala Dunia 2022: Comeback, Korsel Hajar Portugal 2-1!

      Korea Selatan (Korsel) melakukan comeback dan mengalahkan Portugal 2-1 pada laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022: Kamerun Vs Brasil, Butuh Keberuntungan!

      Brasil sudah lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar, sedangkan Kamerun punya peluang meski sangat kecil.

      Siaran TV Analog Dimatikan, Penjualan STB di Jogja Melonjak Tajam

      Kebijakan analog switch off (ASO) yang mulai diberlakukan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada Sabtu (3/12/2022) membawa berkah tersendiri bagi toko elektronik yang menjual alat set top box (STB).

      Jelang Nikah, Kaesang-Erina Ziarah ke Makam Raja Mangkunegaran di Karanganyar

      Pasangan calon pengantin ini berziarah terkait rencana resepsi pernikahan yang akan digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada 11 Desember mendatang.

      Catat! Begini Cara Daftar Vaksinasi Booster Kedua untuk Lansia

      Berikut ini cara daftar booster kedua bagi lansia melalui aplikasi PeduliLindungi.

      Kunjungi Aceh, Anies Baswedan Disambut Meriah Warga dan Pendukung

      Dalam rangka menjalin silaturahmi dengan Wali Nanggroe Aceh, Malik Mahmud, para ulama, tokoh adat serta para pendukungnya. 

      Arti Mimpi Terkait Teroris Tak Selalu Pertanda Buruk

      Berikut ini sejumlah arti mimpi terkait teroris.

      Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS

      Warga Dusun Cupit, Kabupaten Boyolali, mendapatkan bantuan pembuatan sumur dalam dari Komunitas Isuzu Panther Soloraya (KIPS) Peduli.

      Kapolri Dampingi KSAL Dites DPR, Buktikan Polisi dan Tentara Solid

      Kapolri menyebut dirinya sengaja mendampingi KSAL sebagai bukti polisi dan tentara solid.

      Gelar BST di Desa Slambur, Bupati Madiun: Datang untuk Selesaikan Masalah Warga

      Bupati Madiun Ahmad Dawami memimpin langsung Bakti Sosial Terpadu (BST) di Desa Slambur, Kecamatan Geger.

      Ini Alasan Ilmuwan Hidupkan Kembali Virus Zombie

      Ilmuwan punya alasan tersendiri mengapa mereka menghidupkan kembali virus zombie.

      Babak Pertama Usai, Uruguay Atasi Ghana 2-0

      Uruguay menang 2-0 atas Ghana pada babak pertama laga terakhir Grup H Piala Dunia 2022  di Al Janoub Stadium Al Wakrah.

      Korsel Imbangi Portugal, Babak Pertama Berakhir 1-1

      Korea Selatan (Korsel) mengimbangi Portugal 1-1 pada babak pertama laga pamungkas Grup H Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.