Kategori: Leisure

Awas! Ada Risiko Pemakaian Putih Telur untuk Masker Wajah


Solopos.com/Astrid Prihatini WD/Newswire

Solopos.com, SOLO--Di balik manfaatnya, ternyata ada bahaya mengintai di balik pemakaian putih  untuk masker.  Namun, jika pengguna mengaplikasikan masker dengan hati-hati, perawatan ini akan minim risiko.

Simak apa saja bahaya di balik pemakaian putih telur untuk masker wajah di tips kecantikan kali ini. Seperti diketahui selama ini  bagian telur ini kerap dijadikan perawatan wajah.  Apalagi putih telur mungkin lebih terjangkau daripada serum kulit, hanya ada sedikit bukti bahwa perawatan semacam itu benar-benar akan berhasil.

Pemakaian putih telur pada wajah, baik sebagai masker anti-penuaan atau perawatan praktis, tidak sebanding dengan risikonya. Ketahui sejumlah bahaya yang mengintai.

Baca Juga: Bahaya "Sujud Freestyle", Ini Kata Instruktur Yoga dan Dokter

Berikut ini beberapa potensi bahaya pemakaian putih telur sebagaimana melansir laman Liputan6.com dan berbagai sumber, Kamis (22/4/2021):

Reaksi alergi

Risiko pertama pemakaian putih telur adalah alergi. Bila kamu memiliki alergi saat mengonsumsi telur, maka kamu tak dianjurkan untuk menggunakan produk olahan telur lainnya seperti masker putih telur ini. Mengoleskan putih telur ke bagian kulit wajah bisa mengakibatkan kamu menjadi gatal-gatal yang parah, timbul ruan, biduran, atau kesulitan bernapas.

Gejala intoleransi telur

Pemakaian putih telur bisa timbulkan intoleransi. Tidak seperti alergi telur, intoleransi terhadap telur dapat menyebabkan peradangan dan ketidaknyamanan gastrointestinal saat menelannya.

Infeksi Salmonella

Bakteri Salmonella merupakan salah satu ancaman di balik pemakaian putih telur sebagai masker (Freepik)

Telur bisa menyimpan bakteri salmonella di dalamnya yang dapat menyebabkan keracunan.  Nah, apabila kamu tidak hati-hati dalam menggunakannya sebagai perawatan kulit wajah, dikhawatirkan bakteri Salmonella bisa berpindah ke tubuh kamu.

Baca Juga: Ini Manfaat Puasa untuk Kesehatan Lambung

Bila hal ini terjadi, maka aka nada gejala yang dialami seperti demam yang diiringi keluhan saluran cerna seperti perut kembung, muntah, dan diare.

Infeksi

Bagi kamu yang memiliki wajah cenderung sensitif, terkadang tidak terasa tiba-tiba mendapati kulit wajah ada goresan luka. Nah, apabila goresan luka ini terkena dengan sesuatu bahan mentah seperti masker putih telur, bisa menyebabkan infeksi sekunder. Hal ini dikhawatirkan bakteri yang ada pada putih telur bisa masuk ke dalam luka tersebut.

Kontaminasi permukaan

Menggunakan putih telur dapat mencemari permukaan, seperti wastafel dan meja dapur, serta tempat-tempat lain yang dapat membuat masker terlepas dari wajah Anda dan menetes di sekitar rumah.

Baca Juga: 2 Tanda Kekurangan Vitamin B12 Ini Bisa Dilihat di Wajah

Membahayakan orang lain

Pemakaian masker putih telur mentah bisa mengontaminasi permukaan seperti wastafel atau meja dapur. Begitu juga area lainnya jika masker putih telur yang kamu oleskan di wajah menetes atau menyebar kemana-mana di sekitar rumah.

Hal ini bisa membahayakan bagi orang-orang yang ada di sekitarnya. Terlebih pada orang-orang yang memiliki alergi terhadap telur apabila terkena dari cairan putih telur tersebut walaupun tidak mengoleskannya.

Share
Dipublikasikan oleh
Astrid Prihatini WD