SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Dok)

Harianjogja.com, JOGJA- Badan Lingkungan Hidup Kota Jogja mendata sebanyak 40 batang pohon di wilayah tersebut rawan tumbang saat hujan deras sehingga perlu dilakukan antisipasi dengan pemangkasan.

“Kami sudah melakukan pendataan, ada sekitar 40 pohon yang rawan tumbang. Rata-rata usia pohon sudah tua sehingga batang dan rantingnya lapuk,” kata Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Jogja, Irfan Susilo, Rabu (22/1/2014).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, Walikota Jogja Haryadi Suyuti telah menyatakan agar seluruh pihak termasuk BLH melakukan siaga bencana sesuai dengan tugas dan fungsi di tiap satuan kerja perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Sesuai dengan arahan tersebut, lanjut Irfan, BLH Kota Jogja pun melakukan pengecekan dan pemangkasan pohon yang sudah lapuk dan rawan tumbang. Lokasi pohon yang rawan tumbang tersebut, di antaranya berada di Jalan Sudirman, kawasan Kotabaru dan di Jalan Senopati.

“Beberapa hari lalu, kami sudah melakukan pemangkasan dahan pohon yang hampir patah dan menjuntai ke jalan sehingga berbahaya bagi pengguna jalan. Pohon Beringin tersebut berada di Ngampilan,” katanya.

Selain rutin melakukan pengecekan kondisi pohon perindang, BLH Kota Jogja juga meminta masyarakat untuk memberikan informasi apabila ada pohon yang rawan tumbang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya