Awas! 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Kesehatan
Ilustrasi makan makanan cepat saji (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA--Tanpa sadar kita mungkin sering melakukan kebiasaan ini yang ternyata justru bisa merusak kesehatan. Wah, apa saja ya? Simak ulasannya di tips kesehatan kali ini.

Mumpung Rabu (7/4/2021), merupakan Hari Kesehatan Dunia tak ada salahnya kita kembali peduli terhadap tubuh kita sendiri.  Kenali sejumlah kebiasaan buruk yang bisa merusak kesehatan tubuh kita.

Peringatan Hari Kesehatan Dunia diadakah setiap tahun di bawah sponsor Organisasi Kesehatan Dunia. Pada tahun 1948, WHO menyelenggarakan Sidang Kesehatan Dunia pertama yang memutuskan untuk merayakan Hari Kesehatan setiap tahun pada tanggal 7 April mulai  1950. Perayaan memainkan peran penting dalam hidup kita karena kita menjadi sadar akan kebiasaan dan gaya hidup sehat untuk tetap bertahan.

Baca Juga: Cek Tanda Kolesterol Tinggi Bisa Dari Kaki, Begini Caranya

Karena banyak kebiasaan tidak sehat yang terus kita lakukan dan akibatnya terus mempengaruhi kehidupan kita.  Nah  berikut ini 5 kebiasaan yang bisa merusak kesehatan kita dan bagaimana kita bisa menghentikannya seperti dilansir dari PinkVilla dan Bisnis.com, Rabu (7/4/2021):

1. Ngemil saat Anda tidak lapar

Ngemil saat tidak lapar merupakan salah satu kebiasaan yang bisa merusak kesehatan kita. Seringkali kita cenderung ngemil meskipun kita sedang tidak lapar tetapi tidak dapat memahami dampak buruknya. Ini dapat merusak sinyal rasa lapar dan kepuasan alami tubuh kita dan dapat meningkatkan risiko diabetes, penyakit jantung, dan masalah kronis lainnya.

Dan jika Anda mengemil junk food maka itu mengisi tubuh Anda dengan bahan-bahan yang tidak sehat. Jadi, makanlah hanya saat Anda benar-benar lapar.

2. Kurang olah raga

Orang sering menjadi lesu dan menghabiskan sebagian besar waktunya di sofa tanpa melakukan apa-apa. Hal ini meningkatkan risiko mereka terkena diabetes tipe 2. Segala jenis aktivitas fisik baik untuk kesehatan. Jadi, alih-alih duduk di sofa untuk menonton TV dalam waktu lama, lakukan aktivitas sambil menonton TV agar diri Anda tetap bugar dan aktif. Ini mengurangi risiko banyak masalah kesehatan kronis, memberi Anda energi dan meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

Baca Juga:  4 Mutasi Corona Di Indonesia, Mana Paling Dominan?

3. Makan makanan cepat saji secara berlebihan

Makan makanan cepat saji berlebihan merupakan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan tubuh kita. Hal ini karena makan makanan cepat saji meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2. Jadi, cobalah ubah kebiasaan Anda. Misalnya, ganti soda dengan air dan kentang goreng dengan salad. Dan selalu coba untuk menambahkan lebih banyak biji-bijian dan tumbuhan ke dalam makanan Anda.

4. Belanja berlebihan

Belanja berlebihan bisa merusak kesehatan tubuh. (ilustrasi/Freepik)
Belanja berlebihan merupakan salah satu kebiasaan merusak kesehatan tubuh. (ilustrasi/Freepik)

Belanja berlebihan ternyata juga merupakan kebiasaan yang bisa merusak kesehatan tubuh kita. Karena pengeluaran berlebihan, orang mungkin terlibat utang yang membuat hidup mereka stres dan sulit. Stres kemudian meningkatkan peradangan di tubuh mereka, merusak pola tidur, meningkatkan emosi negatif dan membuat mereka tidak dapat menjalani kehidupan yang bahagia dan normal.

Jadi, alih-alih membuat hidup Anda begitu sulit dan stres, selalu perhatikan pengeluaran Anda. Buat anggaran yang ketat di awal setiap bulan sehingga Anda dapat mengetahui ke mana perginya uang Anda.

5. Stres

Karena jadwal yang padat, tekanan pekerjaan, tenggat waktu yang ketat, kebanyakan orang dewasa cenderung menghabiskan hari-hari normalnya dengan banyak tekanan bahkan. Dan karena stres yang berlebihan, tekanan darah dan kadar gula kita menjadi tinggi, kita terus menerus merasa tertekan, sistem kekebalan tubuh kita tidak bekerja dengan baik dan proses pencernaan rusak.

Jadi, praktikkan yoga, meditasi, dan latihan pernapasan setiap hari untuk menurunkan stres Anda. Anda juga dapat melakukan hobi untuk meningkatkan gaya hidup Anda dan mengurangi tingkat stres.

 

 

 



Berita Terkini Lainnya








Kolom