Kategori: Viral

Awan Bak Ombak Tsunami Viral & Hebohkan Makassar


Solopos.com/Anandita Marwa Aulia

Solopos.com, MAKASSAR — Munculnya fenomena awan berbentuk layaknya ombak tsunami menggemparkan publik. Video penampakan awan itu muncul di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/12/2020).

Video itu viral dan diunggah ulang di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Salah satu akun pengunggah video viral awan ini adalah pengguna akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (7/12/2020)

Unggahan itu telah dilihat lebih dari 49.989 ribu pengguna Instagram dan dibanjiri berbagai komentar warganet. “Cuaca pagi hari ini 07/12 di wilayah Makassar dan sekitarnya. Kiriman: @irmaaln @ghtfnz @mhammdfhrull @rosmawatiamma @febb.amalia @nellyagustinaa__,” demikian keterangan Instagram @makassar_iinfo.

Operator Seluler Kurangi Jaringan 3G, Apa Dampaknya?

Potret foto dan video itu dikabarkan tertangkap kamera netizen di sekitar wilayah Makassar. Salah satunya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Terlihat gumpalan awan besar dan panjang memenuhi langit.

Dalam video amatir lainnya awan itu juga terpotret di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan, tak hanya di Makassar ternyata penampakan awan itu juga tertangkap kamera di Kabupaten Barru dan Pangkep.

Diakui Stasiun Meteorologi

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Madiunpos.com—grup Solopos.com, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution membenarkan terjadinya fenomena tersebut. “Benar,” katanya singkat, Senin (7/12/2020).

Irwansyah menjelaskan penampakan awan tersebut terlihat Senin pagi sekitar pukul 07.10 WITA. Setelah kemunculannya barulah turun hujan lebat yang mengguyur Kota Makassar. “Terjadi sekitar 15 menit, setelah itu turun hujan lebat,” papar Irwansyah.

Tesla Model 3 Dijual di Tokopedia, Belinya Bisa Dicicil…

Menurutnya awan itu adalah awan Arcus. Dilansir dari Bisnis.com, Senin (7/12/2020) Awan Arcus sendiri bisa terbentuk jika udara dingin dari dalam sistem badai turun dan menyebar. Udara dingin ini menghambat kenaikan massa udara panas.

Ketika udara dingin naik bersamaan dengan udara panas yang lembap, mengalami kondensasi. Kemunculan awan Arcus menjadi tanda adanya angin yang kuat dan hujan lebat akan segera muncul.

Penampakan awan semacam ini menurut Irwansyah bukan kali pertamanya terlihat di Makassar. Pada awal tahun 2019 lalu pernah terlihat penampakan awan seperti ini juga di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Share
Dipublikasikan oleh
Rahmat Wibisono