SOLOPOS.COM - Fenomena awan berbentuk seperti ombak tsunami menggemparkan publik, Senin (07/12/2020). (Instagram-@makassar_iinfo)

Solopos.com, MAKASSAR — Munculnya fenomena awan berbentuk layaknya ombak tsunami menggemparkan publik. Video penampakan awan itu muncul di Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (7/12/2020).

Video itu viral dan diunggah ulang di berbagai platform media sosial seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Salah satu akun pengunggah video viral awan ini adalah pengguna akun Instagram @makassar_iinfo, Senin (7/12/2020)

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Unggahan itu telah dilihat lebih dari 49.989 ribu pengguna Instagram dan dibanjiri berbagai komentar warganet. “Cuaca pagi hari ini 07/12 di wilayah Makassar dan sekitarnya. Kiriman: @irmaaln @ghtfnz @mhammdfhrull @rosmawatiamma @febb.amalia @nellyagustinaa__,” demikian keterangan Instagram @makassar_iinfo.

Operator Seluler Kurangi Jaringan 3G, Apa Dampaknya?

Potret foto dan video itu dikabarkan tertangkap kamera netizen di sekitar wilayah Makassar. Salah satunya di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Terlihat gumpalan awan besar dan panjang memenuhi langit.

Dalam video amatir lainnya awan itu juga terpotret di Pelabuhan Paotere, Makassar, Sulawesi Selatan. Bahkan, tak hanya di Makassar ternyata penampakan awan itu juga tertangkap kamera di Kabupaten Barru dan Pangkep.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by OFFICIAL MAKASSAR INFO (@makassar_iinfo)

Diakui Stasiun Meteorologi

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Madiunpos.com—grup Solopos.com, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Paotere Makassar, Irwansyah Nasution membenarkan terjadinya fenomena tersebut. “Benar,” katanya singkat, Senin (7/12/2020).

Irwansyah menjelaskan penampakan awan tersebut terlihat Senin pagi sekitar pukul 07.10 WITA. Setelah kemunculannya barulah turun hujan lebat yang mengguyur Kota Makassar. “Terjadi sekitar 15 menit, setelah itu turun hujan lebat,” papar Irwansyah.

Tesla Model 3 Dijual di Tokopedia, Belinya Bisa Dicicil…

Menurutnya awan itu adalah awan Arcus. Dilansir dari Bisnis.com, Senin (7/12/2020) Awan Arcus sendiri bisa terbentuk jika udara dingin dari dalam sistem badai turun dan menyebar. Udara dingin ini menghambat kenaikan massa udara panas.

Ketika udara dingin naik bersamaan dengan udara panas yang lembap, mengalami kondensasi. Kemunculan awan Arcus menjadi tanda adanya angin yang kuat dan hujan lebat akan segera muncul.

Penampakan awan semacam ini menurut Irwansyah bukan kali pertamanya terlihat di Makassar. Pada awal tahun 2019 lalu pernah terlihat penampakan awan seperti ini juga di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya