Awalnya Malu Ditanya Bunda Selvi, Murid SD Gilingan Sampaikan Cita-cita

Pemkot Solo serta BKKBN mulai menyasar anak-anak usia SD dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.

 Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Solo Selvi Ananda (mengenakan pakaian batik hijau) menanyakan cita-cita kepada murid SD Rejosari di sela-sela peresmian Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Solo Selvi Ananda (mengenakan pakaian batik hijau) menanyakan cita-cita kepada murid SD Rejosari di sela-sela peresmian Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (10/8/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Solo Selvi Ananda membagikan susu, buku, dan menanyakan cita-cita kepada murid Kelas V dan VI SDN Rejosari, di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Rabu (10/8/2022).

Kegiatan selvi itu dilakukan di sela-sela menjalankan program percepatan penurunan angka stunting di Kelurahan Gilingan, yakni peresmian Program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) di Kampung KB Srikandi  di Taman Cerdas Gilingan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Serta Advokasi Sosialisasi dan Fasilitas Pendidikan Kependudukan Jalur Formal di Satuan Pendidikan Jenjang SD/MI di SDN Rejosari atau  tepatnya di seberang Taman Cerdas Gilingan.

Selvi masuk kelas setelah para murid menerima materi dari petugas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN).

Baca Juga: Program Kecantol Kamu Karanganom Klaten Makin Diminati Calon Pengantin

Selvi menyapa para murid lalu menanyakan siapa yang berani maju untuk bercerita mengenai cita-citanya.

Tidak ada satupun murid yang maju waktu itu, tampaknya mereka malu-malu untuk membagikan cita-citanya dihadapan istri Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka itu.

Namun, para guru membujuk para murid kemudian beberapa menit justru separuh murid pada kelas V dan VI itu maju.

Selvi tampak kaget banyak yang maju dan memberikan isyarat menyetop, namun para murid tetap maju. Selvi pun menanyakan satu-satu cita-cita para murid. Ada yang ingin menjadi guru, dokter hewan, dokter gigi, sampai pilot.

Baca Juga: Ini Cegah Stunting Lewat Makanan Ala KWT Nguntoronadi Wonogiri

Salah satu murid menjelaskan keinginannya menjadi seorang guru supaya bisa mendidik anak-anak. Selvi memberikan semangat serta inspirasi kepada para murid. Lalu murid mendapatkan susu dan buku.

Selvi menjelaskan alasan menanyakan cita-cita kepada anak-anak karena cita-cita yang membuat mereka termotivasi untuk belajar dan berkambang.

“Cita-cita tidak mungkin seadanya namun mereka ingin yang tinggi dan bagus. Harapannya anak-anak menjadi tokoh yang baik serta termotivasi,” kata dia.

Adapun Pemkot Solo serta BKKBN mulai menyasar anak-anak usia SD dalam upaya percepatan penurunan angka stunting.

Baca Juga: Jos! Kecamatan Sidoharjo Wonogiri Sabet Penghargaan Penanganan Stunting

“Penting memberikan edukasi untuk anak-anak ini yang kelas V dan VI karena pada masa puber mereka perlu bekal menghadapi masa-masa remaja nanti,” lanjut dia.

Selain itu, lanjut dia, edukasi mengenai dapur sehat juga perlu diberikan kepada orang tua untuk mengatasi stunting.

“Di mana ibu-ibu bisa masak, namun perlu memahami memasak yang benar supaya kandungan gizinya tidak hilang untuk asupan keluarga,” jelasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak serta Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Solo, Purwanti menjelaskan dinasnya memilih Gilingan karena ada 72 kasus stunting dari total 494 kasus/balita di Kota Solo pada Februari 2021. Gilingan memiliki masalah yang kompleks mengenai stunting.

Baca Juga: Puskesmas Kedawung I Sragen Jadi Pilot Project Aksi Cegah Stunting

“Terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dalam rangka pencegahan stunting, yaitu perbaikan pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan air bersih. Perbaikan pola makan merupakan poin pertama mencegah stunting. Masalah stunting dipengaruhi oleh rendahnya akses terhadap makanan dari segi jumlah, kualitas gizi, dan sering kali tidak beragam,” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Agenda Solo Hari Ini: Abah Lala Ramaikan di Sekaten, Parkli Gelar Lomba E-Sport

      Agenda Kota Solo hari ini, Kamis (29/9/2022), akan ada penampilan musisi dan pencipta lagu asal Boyolali, Abah Lala, di pangung hiburan pasar malam Sekaten di Alkid Keraton Solo.

      Prakiraan Cuaca Boyolali Hari Ini Cerah Berawan, Suhu 31 Derajat Celcius

      Prakiraan cuaca Boyolali hari ini, Kamis (29/9/2022) yakni cerah berawan pada pagi hari, kemudian berawan hingga malam hari.

      Prakiraan Cuaca Sukoharjo Hari Ini: Cerah saat Pagi, lalu Berawan hingga Malam

      Prakiraan cuaca Sukoharjo hari ini pada Kamis (29/9/2022) menurut prakiraan BMKG dimulai cerah berawan kemudian berawan hingga malam.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 29 September 2022, Berawan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (29/9/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 29 September 2022, Bebas Hujan

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Kamis (29/9/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Pagi, Berawan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 29 September 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Solo Hari Ini Kamis 29 September, Cerah Berawan dan Lebih Panas

      Cuaca Kota Solo menurut prakiraan BMKG, hari Kamis (29/9/2022) ini akan lebih banyak berawan namun suhu cukup tinggi pada siang hari mencapai 33 derajat Celcius.

      Prakiraan Cuaca Klaten Hari Kamis Ini: Cerah Berawan 07.00 WIB-10.00 WIB

      Prakiraan cuaca Klaten hari ini Kamis 29 September 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Disbudpar Solo Ajak Pengelola RS Tangkap Peluang Wellness dan Medical Tourism

      Disbudpar Solo mengajak kalangan pengelola rumah sakit untuk bersama-sama menangkap peluang wisata kesehatan atau wellness tourism maupun medical tourism.

      Komandan Grup Paspampres Gantikan Achiruddin Jadi Danrem 074/Warastratama Solo

      Anggota Grup A Paspampres Kolonel (Inf) Anan Nurakhman menjadi Danrem baru 074/Warastratama Solo menggantikan Kolonel (Inf) Achiruddin.

      Sambut Sobat Fest, 96 Kerai Bambu Mural Batik Hiasi Pagar Mangkunegaran Solo

      Sebanyak 96 kerai bambu berhias gambar mural batik dipasang menutupi pagar Pamedan Pura Mangkunegaran Solo untuk menyambut Sobat Fest, 1-2 Oktober 2022.

      Manusia Pertama di Pulau Jawa dan Kabar Tak Sedap dari Mi Sedaap

      Berdasarkan penelitian gabungan linguistik historis dan arkeologi, etnis Jawa berasal dari rumpun Austronesia dalam teori Out of Taiwan, tetapi data antropologi menyebut bahwa Pulau Jawa telah dihuni oleh manusia selama kurang lebih 2 juta tahun. 

      Dishub Sukoharjo: Izin Resmi Hanya untuk Perahu, Bukan Jembatan Sasak

      Jembatan sasak Sukoharjo di Gadingan, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, yang menghubungkan Kampung Sewu, Jebres, Solo, belum memiliki izin secara resmi.

      5 Pasar Tradisional Disiapkan Dinas Perdagangan untuk Memindahkan PKL TSTJ Solo

      Dinas Perdagangan Kota Solo menyiapkan sedikitnya lima pasar tradisional untuk menampung PKL yang akan dipindahkan dari TSTJ.

      Gelar Pilkades, 15 Desa di Wonogiri Jadi Pilot Project Pemutakhiran Data SDGs

      Sebanyak 15 desa di Kabupaten Wonogiri menjadi pilot project (proyek percontohan) pemutakhiran data Sustainable Development Goals (SDGs) Desa.

      Diseruduk Pikap di Jl. Solo-Jogja, Warga Tegalyoso Klaten Meninggal

      Kecelakaan lalu lintas terjadi ruas jalan raya Jogja-Solo, tepatnya di Dukuh Pilangsari, Desa Gondang, Kecamatan Kebonarum.