SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jateng dan DIY mengawali tahun 2019 dengan meluncurkan layanan inovatif berupa dispatcher dan web portal, serta pencanangan smart feedeer atau FDIR.

Peluncuran inovasi baru tersebut dilakukan bersamaan dengan kegiatan siaga malam perayaan pergantian tahun, Senin (31/12/2018), di Kantor PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Jateng-DIY, Jl. Gatot Subroto No. 5, Kota Semarang, Jawa Tengah. Hadir dalam kesempatan itu General Manager  PLN UID Jateng-DIY Agung Nugraha, seluruh senior manager, serta pegawai Kantor Induk Distribusi Jateng-DIY serta UP2D.

Promosi Digitalisasi Mainkan Peran Penting Mendorong Kemajuan UMKM

Manager UP2D Jateng-DIY Moses Allo mengatakan Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan Sukoharjo merupakan salah satu unit pelaksana di wilayah kerja PLN Unit Induk Distribusi Jateng-DIY yang telah memiliki petugas khusus yang bertugas mengoperasikan sistem dispatcher di wilayah kerja Sukoharjo. “Adanya dispatcher tersebut diharapkan dapat mempercepat pemulihan gangguan di wilayah Sukoharjo. Selama ini, PLN UID Jateng-DIY telah memiliki 13 unit dispatcher area dan satu unit dispatcher APD,” katanya.

Terkait dengan aplikasi web portal dan pencanangan smart feeder, lanjut Moses, layanan inovatif itu dapat beroperasi secara otomatis mengisolasi gangguan dan memulihkan sistem 20 kV, sehingga gangguan ketenagalistrikan dapat diminimalisasi hanya menjadi dua menit. Aplikasi web portal sangat membantu karyawan PLN untuk memantau sistem ketenagalistrikan secara realtime, di mana saja dan dapat dipantau melalui telepon pintar masing-masing pegawai.

“Melalui aplikasi web portal yang diluncurkan tersebut, kami dapat melihat kondisi beban puncak, daya mampu, pasokan, dan cadangan secara realtime melalui aplikasi di ponsel pintar,” katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Selasa (1/1/2019).

Untuk smart feeder, tambah Moses, merupakan usaha menekan angka energy not sales (ENS) dan durasi padam pelanggan. PLN UP2D mengaktifkan fault detection isolation restoration (FDIR) alias smart feeder pada beberapa feeder yang memenuhi kriteria untuk diterapkan FDIR tersebut. “Kerja dari FDIR sendiri yaitu pada saat terjadi gangguan di jaringan tegangan menengah (JTM), maka secara otomatis akan mendeteksi lokasi daerah terganggu, dan akan mengisolasi daerah terganggu, yang kemudian daerah terdampak padam akibat gangguan dapat dinormalkan kembali suplai energi listriknya,” terangnya.

Dengan demikian, simpulnya, jumlah pelanggan padam akibat gangguan JTM dapat ditekan. Lokasi gangguan pun dapat cepat diketahui sehingga petugas dapat mempercepat proses penanganan gangguan.

Dalam rangkaian acara siaga malam pergantian tahun 2018 ke 2019 juga dilakukan doa bersama untuk para korban tsunami Banten serta pemutaran video refleksi 2018. Pelaksana Tugas Manager Komunikasi PLN UID Jateng-DIY Haris menambahkan 15 unit pelaksana di bawah Unit Induk Distribusi Jateng-DIY yang hadir turut melaporkan kegiatan siaga malam pergantian tahun dan refleksi kinerja 2018 serta resolusi 2019 di wilayah masing-masing, melalui video conference.

“Melalui kegiatan siaga tersebut, PLN berharap masyarakat dapat merasakan kenyamanan berkumpul bersama keluarga di malam pergantian tahun tanpa terganggunya pasokan tenaga listrik,” kata Haris.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pelepasan pegawai purnatugas dari UP3 Pekalongan Budi Istiono yang merupakan salah satu karyawan PLN yang memiliki dedikasi tinggi terhadap perusahaan. Bahkan, saat hari-hari terakhir menjelang pensiun, Budi tetap melakukan kegiatan sapa pelanggan untuk terwujudnya kinerja yang optimal.

“Pak Budi dapat menjadi motivasi bagi karyawan lainnya, khususnya yang muda-muda agar tetap giat bekerja, dengan ikhlas tanpa perhitungan. Bahkan  sampai detik-detik terakhirpun masih membawa Pekalongan dengan daftar tunggu serta rekening nihil,” demikian Haris.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya