Awal Tahun, Polisi Solo Sudah Tangkap 5 Pelaku Penyalahgunaan Narkoba

Aparat Polresta Solo sudah menangkap lima pelaku penyalahgunaan narkoba baik pengedar, kurir maupun pemakai pada awal tahun ini.

 Ilustrasi narkoba. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi narkoba. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO — Tahun 2022 baru berjalan kurang dari sepekan namun Polresta Solo sudah menangkap lima pelaku penyalahgunaan narkoba. Kelima tersangka itu ada yang berperan sebagai pemakai, kurir, dan pengedar.

Pada Senin (3/1/2022), Polresta Solo menangkap tiga pelaku di Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres. Pelaku pertama yang diamankan adalah DJP alias Mbendol, 34, warga Kepatihan Wetan, Jebres. Mbendol ditangkap pada Senin sekitar pukul 11.30 WIB di sekitar Gang Petir, Kelurahan Jebres.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Ia diamankan bersama barang bukti berupa satu paket sabu-sabu 0,55 gram dan satu HP. Tersangka yang berstatus sebagai pengguna narkoba itu ditangkap karena dinilai melanggar Pasal 112 ayat (1) subsidair Pasal 127 UndangUU No 35/2009 tentang Narkotika.

Baca Juga: Kriminalitas Solo: Kasus Pencurian Turun, Narkoba Naik

Kemudian Polresta Solo mengamankan dua pelaku penyalahgunaan narkoba lainnya, AI alias Plenthon, 28, warga Kebakkramat, Karanganyar, dan RZ alias Butar Butar, 27, warga Weru, Karanganyar. Keduanya ditangkap di rumah wilayah Jongkang, Weru, Karanganyar, Senin (3/1/2022) sekitar pukul 15.30 WIB.

Barang bukti yang disita dari tersangka Plenthon adalah 12 paket sabu-sabu dengan berat sekitar 5,7 gram, selotip, boneka warna cokelat, timbangan digital dan satu unit HP. Sedangkan barang bukti yang disita dari Butar Butar adalah satu HP.

Keduanya berstatus sebagai kurir dan dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) subsidair Pasal 112 ayat (1) UU No 35/2009 tentang Narkotika. Kapolresta Solo, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, mengatakan awalnya polisi mendapatkan informasi bahwa tersangka pertama, Mbendol, diduga kuat sebagai penyalahguna narkotika jenis sabu-sabu.

Baca Juga: 3 Kabupaten/Kota Ini Dominasi Peredaran Narkoba di Jateng, Solo Masuk?

Cara Pengedaran

Setelah diselidiki, kemudian Polresta Solo menangkap tersangka penyalahgunaan narkoba itu dan menyita barang bukti yang ditemukan. Hasil pemeriksaan tersangka pertama merujuk pada asal barang yang dibeli dari seorang warga Karanganyar berinisial S.

Namun saat polisi menggeledah rumah S, polisi tidak menemukan S. Polisi justru menemukan tersangka dua Plenthon dan tersangka tiga, Butar Butar. Hasil pemeriksaan tersangka dua dan tiga menerangkan sabu-sabu yang diamankan adalah milik S.

Mereka bertugas untuk mengedarkan sabu-sabu tersebut dengan cara menempatkan pada suatu tempat yang selanjutnya akan diambil oleh pembelinya. “Selanjutnya ketiga tersangka beserta barang bukti dibawa ke Satres Narkoba Polresta Solo guna dilakukan penyidikan lebih lanjut,” jelas Ade kepada wartawan, Kamis (6/1/2022).

Baca Juga: BNNP Jateng Ungkap 1.285 Kasus Narkoba, 600 Orang Ditangkap

Masih di hari yang sama, di tempat berbeda, Polresta Solo juga menangkap satu tersangka penyalahgunaan narkoba di wilayah Pasar Kliwon. Tersangka MAM, 23, warga Gandekan, Pasar Kliwon, Solo, ditangkap di depan warung sate di Kelurahan Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, sekitar pukul 18.30 WIB.

Tersangka diamankan beserta barang bukti satu paket sabu-sabu seberat 0,25 gram, HP, serta satu unit sepeda motor. Tersangka ditangkap dengan status pengguna. Polisi juga mengamankan tersangka lain, BRT, 19, warga Timuran, Banjarsari, Solo, Senin (3/1/2022) sekitar pukul 19.00 WIB.

Penangkapan dilakukan di depan minimarket Jl Samratulangi, Joho, Manahan, Solo. Polisi menyita satu paket sabu-sabu seberat 0,16 gram dan satu HP dari BRT. Tersangka ditangkap dengan status sebagai pengedar.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Nama delapan calon siswa SMAN 1 Gondang Sragen mendadak hilang dari daftar PPDB 2022 sekolah tersebut. Diduga ada orang yang membatalkan pendaftaran delapan siswa tersebut.

Tragis! Anak Semata Wayang Korban Pantai Drini Sebentar Lagi Menikah

Putra semata wayang wisatawan asal Grogol, Sukoharjo, yang menjadi korban terseret ombak di Pantai Drini, Gunungkidul, berencana menikah akhir bulan ini.

Ssstt...Bakal Ada Universitas Baru Lagi di Karanganyar Lur

Kabupaten Karanganyar akan kedatangan universitas baru. Pemkab tengah menyiapkan lahan 10 hektare untuk pembangunan gedung universitas negeri tersebut.

Boyolali jadi Daerah Wabah, Berapa Total Ternak Suspek PMK?

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Total ternak suspek PMK di Boyolali saat ini sekitar 4.642.

Ada 2 Event Internasional Di Solo, 796 Personel Keamanan Dikerahkan

Polresta Solo siap menerjunkan ratusan personel gabungan untuk mengamankan dua event internasional yakni pertemuan G20 dan ASEAN Paragames, Juli ini.

Ternyata Tak Boleh Beri Nama Anak Cuma Satu Kata, Ini Kata Disdukcapil

Disdukcapil Karanganyar meminta warga untuk tidak memberi nama anak mereka dengan hanya satu kata. Ada aturan yang melarang memberi anak dengan hanya satu kata.

Jadi Daerah Wabah PMK, Boyolali Perpanjang Penutupan Pasar Hewan

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali memutuskan untuk memperpanjang penutupan seluruh pasar hewan. Menyusul adanya penetapan Boyolali sebagai Daerah Wabah PMK.

Gibran Soal Pelecehan Seksual Personel JKT 48: Protesnya Ke Saya Semua!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat protes dari banyak pihak soal kasus pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser di The Park Mall Solo Baru, Sukoharjo.

Pemkab Karanganyar Bagi-Bagi 20 Domba Kurban, Siapa yang Dapat?

Pemkab Karanganyar kembali akan membagi-bagi hewan kurban ke sejumlah daerah dan lembaga. Hewan kurban yang dibagi-bagi berupa domba.

Warga Grogol Terseret Ombak Pantai Drini, Ternyata Kakak Beradik

Dua wisatawan asal Kecamatan Grogol, Sukoharjo yang terseret ombak di Pantai Drini merupakan kakak beradik.

Kisah Misteri Suara Kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu

Kisah misteri kali ini tentang penampakan kijang di Gupak Menjangan Gunung Lawu.

Waspada! Boyolali Ditetapkan jadi Daerah Wabah PMK

Kabupaten Boyolali ditetapkan menjadi daerah wabah penyakit mulut dan kuku atau PMK. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Pertanian Nomor 500.1/KPTS/PK.300/M/06/2022 tentang Penetapan Daerah Wabah Wabah PMK (foot and mouth disease).

PPDB SMA/SMK Jateng Belum Diumumkan, Begini Cara Cek Hasil Sementara

Hasil seleksi PPDB SMA/SMK negeri di Jateng tahun ajaran 2022/2023 akan diumumkan pada Senin (4/7/2022) paling lambat pukul 23.55 WIB.

Selamat! SSB New Tugu Muda Semarang Jawara Kapolres Sukoharjo Cup 3

Sekolah Sepak Bola (SSB) New Tugu Muda Semarang  menyabet Juara 1 dalam turnamen sepak bola Kapolres Sukoharjo Cup 3, yang digelar di Stadion Gelora Merdeka Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Misinformasi, Gibran Sebut Bupati Karanganyar Tak Setuju BST

Disebut tak izinkan Batik Solo Trans (BST) masuk karanganyar, Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menduga Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menerima informasi yang salah.