SOLOPOS.COM - Warga berkunjung di Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo Boyolali, Minggu (1/1/2023). Pada saat itu, kunjungan mencapai 2.500 orang dengan harga tiket Rp20.000 per orang. (Solopos/Ni’matul Faizah)

Solopos.com, BOYOLALI–Tingkat kunjungan di area wisata di Boyolali bagian utara, Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo, di Desa Wonoharjo, Kecamatan Kemusu mencapai 2.500-an orang pada Minggu (1/1/2023). Hal tersebut meningkat hingga 25 kali lipat dibandingkan hari biasa.

Koordinator Lapangan Wana Wisata Kedung Cinta, Pujiyanto, menjelaskan pada hari biasa kunjungan berada di angka seratusan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Untuk awal tahun kemarin 2.500-an, kalau hari biasa 100 orang–110-an orang,” ujarnya kepada Solopos.com, Minggu (8/1/2023).

Sementara itu, pada momen Natal 2022, Pujiyanto membeberkan angka pengunjung tempat wisata yang dikelola Bumdes Wana Mandiri dan  Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Telawa ini berada di sekitar 1.400-an orang.

Selanjutnya, pada Sabtu ada 300 orang– 500-an pengunjung dan Minggu ada di kisaran 1000 pengunjung.

“Untuk hari biasa tiketnya seharga Rp10.000 per orang, kemudian waktu Natal kemarin Rp15.000 per orang, selanjutnya pada awal 2023 seharga Rp20.000. Jam bukanya mulai dari 07.30 WIB – 16.00 WIB,” jelas dia.

Kenaikan tarif tiket masuk tersebut, jelas Pujiyanto, karena terdapat hiburan dangdut yang dapat dinikmati oleh pengunjung.

Ia menambahkan daya tarik dari Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo adalah adanya pemandangan Waduk Kedung Ombo (WKO) yang dapat disaksikan di warung apung. Kemudian, pasar ikan yang menjual ikan asap bakar yang dapat dinikmati pengunjung.

“Di sini ada ikan nila, ikan patin, gurame, dan masih banyak lagi, jadi ikan asap,” ujar dia.

Lebih lanjut, Pujiyanto menjelaskan walaupun telah naik, akan tetapi kunjungan tersebut belum normal seperti sebelum pandemi yang mencapai 4000-an pengunjung saat libur tahun baru.

Menurut dia, terdapat beberapa kemungkinan terkait belum normalnya kunjungan ke Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo karena cuaca yang cenderung mendung di akhir tahun.

Selain itu, ia menjelaskan mayoritas warga daerah pengunjung tempat wisatanya sedang terkena bencana banjir seperti wilayah Grobogan, Jepara, Pati, dan Semarang.

“Jadi wilayah tersebut biasanya menjadi pengunjung kami, tak hanya itu, tumbuh juga beberapa tempat wisata selain sini,” jelasnya.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Blora, Bukhori, menjelaskan ia berkunjung bersama anak dan istrinya ke Wana Wisata Kedung Cinta Kedung Ombo.

Ia mengaku baru kali pertama datang ke tempat wisata tersebut dan telah berbelanja ikan asap bakar sebanyak 20 kilogram.

Bukhori mengaku tak akan kapok datang ke Wana Wisata Kedung Cinta WKO Boyolali. Ia berencana mengajak keluarga lainnya untuk menikmati keindahan WKO di Wana Wisata Kedung Cinta.

“Kesannya bagus tempatnya, ikannya besar-besar, terus saya juga habis naik speed boat. Bayarnya per orang hanya Rp15.000,” ujarnya kepada Solopos.com saat melepas pelampung seusai ia berkeliling WKO dengan speed boat, Minggu (1/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya