SOLOPOS.COM - Ilustrasi Car Free Day (CFD) Kota Solo di Jl. Slamet Riyadi, Solo. (JIBI/Solopos/Reza Fitriyanto)

Solopos.com, SOLOCar Free Day (CFD) di Kota Solo tidak diliburkan selama awal Ramadan. CFD tetap dibuka seperti biasanya di Jalan Slamet Riyadi mulai pukul 05.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan, Muhammad Taufiq saat dihubungi Solopos.com pada Rabu (22/3/2023). Saat awal Ramadan nanti pada Minggu (26/3/2023), dari segi acara, skema, dan pengaturan CFD masih seperti hari biasanya.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

“Untuk awal ini [CFD] masih buka, untuk H-7 dan H+7 Lebaran nanti akan dibahas lagi,” papar Taufiq.

Solo CFD lazimnya digelar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, Kota Solo, mulai dari perempatan Purwosari hingga perempatan Gladak. Solo CFD menjadi kegiatan hiburan dan olahraga yang dilakukan rutin oleh warga Kota Solo dan sekitarnya saat akhir pekan.

Berbagai aktivitas warga saat CFD di Jl. Slamet Riyadi, seperti senam, kreativitas, maupun seni pertunjukan. Kegiatan lainnya, seperti jalan santai, bersepeda, tenis meja, berkumpul bersama komunitas. Warga juga bisa melakukan kegiatan pembelajaran, seperti mengenal satwa atau hewan peliharaan, melukis, menggunakan bahasa isyarat, dan lainnya.

Saat CFD berlangsung, masyarakat juga dapat memperoleh sejumlah informasi dari layanan pemerintah, seperti bayar pajak atau cek tensi darah gratis. Sejumlah dinas yang membuka layanan saat CFD, di antaranya Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil, dan dinas lainnya.

Sementara di sisi selatan, terdapat ribuan pedagang UMKM yang menawarkan aneka produk. Apa saja ada, mulai dari kuliner modern hingga tradisional yang bisa disantap. Kerajinan dan produk sandal, pakaian murah juga bisa dicari di tempat ini.

Kendati demikian, tempat umum seperti Solo CFD juga butuh kewaspadaan dari masyarakat untuk menjaga barang-barang pribadinya. Pada beberapa kejadian, masyarakat mengalami kehilangan barang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya