SOLOPOS.COM - Ilustrasi IHSG (Bisnis/Eusebio Chrysnamurti)

Solopos.com, JAKARTA–Pada perdagangan saham di awal pekan, Senin (25/7/2022), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka di zona hijau.

Berdasarkan data Bloomberg, pada pukul 09.00 WIB IHSG dibuka menguat pada posisi 6.893,91.

Promosi Sistem E-Katalog Terbaru LKPP Meluncur, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

IHSG sempat mencatatkan posisi tertingginya pada 6.898,12 beberapa saat setelah pembukaan.

Tercatat, 96 saham menguat, 42 saham melemah dan 158 saham bergerak stagnan. Kapitalisasi pasar terpantau pada posisi Rp9.106,59 triliun.

Saham PT Bangun Karya Perkasa Jaya Tbk. (KRYA) terpantau menjadi saham dengan kenaikan terbesar sejauh ini setelah menguat 20,80% ke Rp151.

Baca Juga: Dampak BI Tahan Suku Bunga, Begini Prediksi IHSG Hari Ini

Saham lain yang terpantau menguat adalah PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk. (OLIV) yang naik 9,41% ke Rp93, PT Triputra Agri Persada Tbk. (TAPG) yang naik 6,11% ke level Rp695, serta PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK) dengan penguatan 4,52% ke Rp208.

Direktur MNC Asset Management Edwin Sebayang menjelaskan IHSG hari ini bisa menguat setelah IHSG mengalami kenaikan sebesar 3,53% disertai dengan net buy investor asing sebesar Rp420,06 miliar selama sepekan lalu.

“Di awal pekan ini, Senin, IHSG masih berpeluang melanjutkan penguatannya tetapi terbatas didorong beberapa sentimen positif berasal dari menguatnya harga komoditas seperti batu bara, CPO, nikel, emas dan timah,” jelasnya, Senin (25/7/2022).

Kenaikan sejumlah harga komoditas tersebut terjadi di tengah sentimen positif datang dari turunnya yield obligasi AS tenor 10 tahun ke level 2,754%.

Edwin memperkirakan IHSG bergerak pada rentang 6.828-6.932. Dia merekomendasikan beli saham-saham INCO, HRUM, ANTM, TINS, EMTK, ITMG, PGAS, ADMR, MDKA, dan TBIG.

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul IHSG Dibuka Menguat, Saham TP Rachmat (TAPG) Masuk Top Gainers

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya