SOLOPOS.COM - Danrem 074/Warastratama  Kolonel Inf Anan Nurakhman. (Solopos/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SOLO–Komandan Korem (Danrem) 074/Warastratama Solo, Kolonel Inf Anan Nurakhman, segera pindah tugas menjadi Danrem 061/Surya Kencana Bogor. Dia adalah mantan Pengawal Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anan pernah menjadi Komandan Grup (Dangrup) A Paspampres yang merupakan kesatuan pengamanan Presiden. Saat diwawancara Solopos.com, Minggu (29/5/2023), Anan mengonfirmasi proses kepindahannya ke Bogor awal Juni 2023.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ditanya kesan kesan selama sekira tujuh bulan bertugas di Solo, dia mengaku mendapatkan pengalaman tersendiri. Sebab Solo merupakan kampung halaman dia. Apalagi dia sempat bertugas di berbagai daerah.

“Sudah berbagai penugasan saya alami, dan di Solo cukup unik. Di sini adalah kampung halaman saya. Jadi tentunya sangat memberikan pengalaman tersendiri. Yang semula di daerah-daerah yang tidak ada kerabat, tidak ada saudara, tidak ada teman,” ujar dia.

Anan mengaku bertemu banyak orang selama bertugas di Korem 074/Warastratama. Dia juga sempat mengenang masa-masa ketika masih sekolah di Solo, termasuk bertemu teman-teman lama. Sehingga hubungan mereka semakin akrab.

“Saya di sini bertemu banyak orang, bersilaturahmi lagi, mengenang masa sekolah, semakin akrab, utamanya dengan orang tua saya. Ini menjadi motivasi tersendiri. Alhamdulillah masuk bulan ke tujuh saya mendapatkan perintah baru di Bogor,” tutur dia.

Anan melihat Solo sebuah kota yang unik. Sebab bisa diibaratkan apa saja yang terjadi di Solo bisa dibuat menjadi hal yang menarik. Baik mulai dari kulineran, pertemanannya, hingga berbagai kegiatan yang digelar. Dia juga menilai Solo saat ini sangat maju.

“Solo sangat maju dibandingkan dulu awal kita kecil. Sekarang sudah banyak kemajuan, banyak pembangunan, tentu sebuah peningkatan kualitas yang luar biasa bagi Kota Solo,” kata dia. Penugasan Anan di Solo terbilang cukup singkat, hanya sekira tujuh bulan.

“Jadi bulan ke delapan ini sambil menunggu pengganti saya nanti yang segera diputuskan dari Mabes AD, saya tunggu. Bila sudah ada, baru sertijab. Saya awal Juni [2023, pindah Bogor] serah terima di sana. Sehingga saya bisa melaksanakan tugas baru,” urai dia.

Namun, menurut dia, saat ini masih dalam proses. Disinggung siapa Danrem 074/Warastratama yang baru sebagai pengganti dirinya, menurut Anan masih dalam proses. “Belum, masih dicalonkan. Nanti Pak KSAD akan memberikan penunjukan,” kata dia.

Sedangkan disinggung pesan-pesan untuk calon penggantinya, menurut Anan, harus selalu dekat dengan dengan masyarakat.

“Dengan semua stakeholders, komunitas, institusi di Solo. Kalau sudah dekat, komunikasi intens, segala permasalahan bisa diatasi,” tandas dia.

Salah satu yang mesti menjadi prioritas perhatian, Anan menjelaskan, agenda Pemilu 2024. Pesta demokrasi lima tahunan itu diakui mempunyai potensi gesekan. “Saya yakin ada, tidak mungkin tidak ada. Sekarang di sosmed saya lihat sudah mulai,” tutur dia.

Warganet beramai-ramai menyampaikan argumentasinya yang bisa menjadi pemicu konflik. “Tapi saya yakin masyarakat sekarang sudah cukup pintar, cerdas untuk tidak mudah tersulut hal-hal yang sebatas hoax. Ini tugas Danrem memang berat di sini,” terang dia.

Apalagi Solo diakui Anan merupakan barometer nasional dalam berbagai hal, termasuk bidang politik. Namun, dia menyatakan selama Danrem bisa bekerja sama dan bersinergi dengan stakeholder terkait, kondusivitas keamanan Soloraya akan tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya