SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

TEMANGGUNG- Awak bus antarkota dalam provinsi jurusan Magelang-Wonosobo dan Magelang-Sukorejo kembali melakukan aksi mogok dengan mendatangi Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Kamis (25/4/2013).

Puluhan awak bus menuntut agar mereka didahulukan untuk mendapatkan solar di SPBU dibanding pembeli yang menggunakan jerigen. Mereka juga menuntut perbaikan jalan di wilayah Temanggung, khususnya jalur Maron hingga Terminal Madureso yang kondisinya rusak parah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Selama ini kami harus berebut dengan pembeli menggunakan jerigen untuk mendapatkan solar dan kami hanya dibatasi maksimal Rp100.000 satu bus, sedangkan pembelian dengan jerigen bisa sampai 30 liter,” katanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Ia mengatakan, kebutuhan solar dalam satu hari bisa Rp300.000 hingga Rp350.000 sehingga dengan batasan pembelian Rp100.000 tersebut jelas kurang.

“Meskipun kami bisa membeli solar lagi, tetapi waktu kami habis untuk antre sehingga sangat merugikan,” katanya.

Usai menemui perwakilan awak bus, Kepala Bidang Lalu Lintas dan Angkutan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Temanggung, Dwi Cahyono, mengatakan, ada beberapa tuntutan yang diajukan awak bus, selain kelangkaan BBM, mereka juga akan masuk kota selama jalan Maron hingga terminal masih rusak.

Menanggapi beberapa awak bus tersebut, Dwi mengatakan, soal kelangkaan BBM solar berdasarkan informasi dari pemerintah, mulai Jumat (26/4/2013) akan lancar.

Ia mengatakan, mengenai pembelian dengan jerigen, tim kabupaten mulai hari ini sudah bergerak untuk melarang pembelian dengan jerigen.

“Bagi SPBU yang tetap melayani pembelian dengan jerigen akan dikenai sanksi,” katanya.

Ia mengatakan, mengenai jalan rusak antara Maron hingga Terminal Madureso, pada tahun ini pemerintah akan melakukan perbaikan dengan menggunakan anggaran dari pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya