SOLOPOS.COM - Suhu panas ekstrem yang mencapai 43,4 derajat celcius membuat Sharapova harus mengguyur dan mengompres kepalanya dengan es serta handuk basah. JIBI/Reuters/Jason Reed

Solopos.com, MELBOURNE – Panitia turnamen grand slam Australian Open 2014 akhirnya memutuskan untuk menghentikan pertandingan tenis di lapangan luar, karena suhu udara menggila hingga mencapai 43,4 derajat celcius, Kamis (16/1/2014).

Sejak dimulainya turnamen ini, Senin (13/1/2014), suhu udara memang sudah menyengat. Sejumlah pemain sebenarnya telah mengeluh dengan cuaca panas tersebut, namun akhirnya wasit turnamen ini Wayne McKewen membuat “Kebijakan Suhu Panas Ekstrem” dengan menghentikan pertandingan karena suhu panas.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dengan keputusan ini berarti tidak ada pertandingan yang akan dilangsungkan di lapangan luar sampai situasi membaik. Pertandingan masih dilangsungkan di Hisense Arena dan Rod Laver Arena yang memiliki fasilitas atap penutup.

Pengumuman ini tentu saja disambut baik oleh para pemain setelah hari Rabu malam, petenis putri Australia Samantha Stosur mendesak panitia pertandingan untuk bersikap bijak bila memang suhu mencapai 44 derajat seperti yang diramalkan akan terjadi.

Akibat kebijakan itu, panitia setidaknya kehilangan lebih dari empat jam bermain di lapangan luar ketika hari ketiga. Kebijakan ini diberlakukan pada pukul 01:50 waktu setempat ( 02.50 GMT ).

“Saya pikir, dan bahkan semua orang mengatakan suhunya terlalu panas,” kata Agnieszka Radwanska seperti dikutip Reuters yang mengalahkan Olga Govortsova 6-0 7-5 di bawah atap tertutup di Hisense Arena .

“Beberapa pemain wanita bahkan tidak bisa berbicara setelah pertandingan atau latihan. Anda dapat melihat siapa pun yang sedang bertanding, wajahnya akan terbakar memerah,” tambahnya.

Dengan pemain harus menyelesaikan set yang sedang berlangsung sebelum bermain dihentikan atau atap ditutup, namun pertandingan Maria Sharapova di Rod Laver Arena berlanjut panas terik sinar matahari selama 50 menit setelah kebijakan itu diberlakukan .

Unggulan ketiga akhirnya selesai dari Italia Karin Knapp 6-3 4-6 10-8 untuk mencapai babak ketiga. “Tidak ada cara lain untuk bisa bermain bagus dengan kondisi cuaca yang sulit seperti ini,” kata Sharapova kepada wartawan yang menyebut dirinya nyaris pingsan dalam cuaca ekstrem seperti itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya