SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

NELSPRUIT— Kembali tampilnya gelandang andalan Tim Cahill diharapkan mampu mendongkrak semangat skuat Socceroos, julukan Australia, saat menghadapi Serbia pada laga hidup-mati, Kamis (24/6) dini hari WIB.

Menghadapi Serbia di Stadion Mbombela, Nelspruit, pelatih Australia, Pim Verbeek, bakal menerapkan strategi menyerang dengan menempatkan tiga striker di depan. Tiga penyerang sekaligus itu dibutuhkan Australia jika ingin kemenangan besar untuk menjaga peluang lolos ke babak 16 Besar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cahill yang dikartu merah saat Australia digebuk Jerman 0-4 pada laga pertama, bakal diturunkan untuk mendukung striker Brett Holman. Jika diperlukan lebih banyak serangan, Verbeek berencana menempatkan Josh Kennedy untuk mendukung keduanya.

“Semua seperti yang kami lakukan di babak kualifikasi, saya di depan bersama Timmy (Cahill). Saya kira, di tiap laga dia atau saya yang akan mencetak gol. Kami selalu bekerja sama, dan itu akan kembali kami lakukan,” tutur Kennedy.

Sayangnya, jika Cahill bisa kembali diturunkan, dua pemain lain terpaksa harus beristirahat. Striker Herry Kewell dihukum kartu merah ketika melawan Ghana, sedangkan Craig Moore tak bisa tampil akibat akumulasi kartu kuning.

Diperkirakan Scott Chipperfield yang menggantikan posisi Moore di barisan bertahan. Dengan hanya berbekal satu poin dari dua pertandingan, Australia memiliki peluang paling kecil untuk maju ke putaran berikutnya.

“Jika Ghana mengalahkan Jerman, dan kami menang dengan skor berapa pun, kami akan lolos. Bila Jerman mengalahkan Ghana dan kami mengalahkan Serbia, kami masih dapat lolos. Sebagai tim nasional kami tidak menyerah, karena kami tidak harus menyerah,” tegas kapten Lucas Neill.

Di kubu Serbia, pemain bertahan Aleksandar Lukovic kemungkinan ditempatkan di lini tengah. Seperti halnya Cahill, Lukovic juga sempat diusir keluar lapangan saat kalah 0-1 dari Ghana. “Rasanya akan hebat dengan kembalinya Lukovic, karena ia akan menambah kekuatan di pertahana,” kata pelatih Serbia, Radomir Antic.

Menurut Antic, rasa percaya diri Serbia amat tinggi setelah membukukan kemenangan atas Jerman dalam 37 tahun terakhir. Mengantongi tiga poin, hasil imbang akan cukup bagi Serbia untuk lolos, namun dengan syarat Ghana mengalahkan Jerman.

“Ini semua tergantung kami, karena kemenangan sudah di dalam genggaman. Kami akan melaju ke putaran sistem gugur,” kata kapten Serbia, Dejan Stankovic. Dengan asumsi akanlolos ke babak berikutnya, para pemain Serbia harus berhati-hati, jangan sampai mendapat kartu kuning. Pasalnya, enam pemain reguler mereka sudah menyimpan satu kartu kuning.

Perkiraan susunan pemain

Australia (4-4-2)
: 1-Mark Schwarzer, 2-Lucas Neill, 6-Michael Beauchamp, 11-Scott Chipperfield, 8-Luke Wilkshire, 23-Mark Bresciano, 5-Jason Culina, 14-Brett Holman, 7-Brett Emerton, *16-Carl Valeri, 4-Tim Cahill

Serbia (4-4-2)
: 1-Vladimir Stojkovic, *6-Branislav Ivanovic, *5-Nemanja Vidic, 13-Aleksandar Lukovic , *3-Aleksandar Kolarov, 17-Milos Krasic, 10-Dejan Stankovic, *22-Zdravko Kuzmanovic, 14-Milan Jovanovic, *15-Nikola Zigic, 8-Danko Lazovic
Ket: *) Telah mendapat kartu kuning.

JIBI/SOLOPOS/nap/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya