SOLOPOS.COM - Pemain Australia merayakan kemenangan drama adu penalti pada babak kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Peru di Al Rayyan Stadium, Qatar (13/6/2022). (ANTARA FOTO/REUTERS/Mohammed Dabbous/aww)

Solopos.com, JAKARTATimnas Australia menjadi tim ke-31 peserta Piala Dunia 2022/Qatar. Australia memastikan satu tiket ke Piala Dunia setelah secara dramatis mengalahkan Peru 5-4 melalui adu penalti pada laga playoff antarbenua Selasa (14/6/2022) dini hari WIB.

Lolosnya Australia menyisakan satu tiket tersisa untuk menggenapi kuota 32 negara. Satu tiket itu diperebutkan oleh Selandia Baru dan Kosta Rika. Laga playoff antarbenua itu digelar pada Rabu (15/6/2022) dini hari WIB nanti Stadion Ahmad bin Ali, Qatar.

Promosi Era Emas SEA Games 1991 dan Cerita Fachri Kabur dari Timnas

Nantinya pemenang Kosta Rika (Zona CONCACAF) dan Selandia Baru (Zona Oseania/OFC) akan bergabung dengan Grup E di Piala Dunia 2022. Grup ini bermaterikan dua raksasa Eropa Spanyol dan Jerman serta raksasa Asia Jepang.

Baca Juga: Dramatis, Adu Penalti Loloskan Australia ke Piala Dunia 2022

Sebelumnya Australia masuk Grup D Piala Dunia 2022/Qatar yang bermaterikan Prancis, Denmark dan Tunisia.

Australia harus melalui dua kali playoff untuk memastikan satu tempat di Piala Dunia 2022. Ini setelah Australia hanya menempati posisi ketiga putaran ketiga kualifikasi Zona Asia (AFC).

The Socceroos harus melawan Uni Emirat Arab dalam playoff Asia dan menang dengan skor 2-1. Setelah itu negara yang asosiasi sepakbolanya masuk AFF atau Asia Tenggara itu harus berhadapan dengan Peru, tim yang menempati posisi kelima Zona Amerika Selatan (Conmebol).

Baca Juga: Alasan Kenapa Piala Dunia 2022 Digelar November

 

Berikut 31 negara yang telah memastikan lolos ke Piala Dunia 2022/Qatar:

* Zona Eropa (UEFA/13 negara): Jerman, Denmark, Prancis, Belgia, Kroasia, Spanyol, Serbia, Inggris, Swiss, Belanda, Portugal, Polandia, Wales.

* Zona Asia (AFC/6 negara): Qatar (tuan rumah), Iran, Korea Selatan, Jepang, Arab Saudi, Australia.

* Zona Afrika (CAF/5 negara): Ghana, Senegal, Tunisia, Maroko, Kamerun.

* Amerika Selatan (Conmebol/4 negara): Brasil, Argentina, Ekuador, Uruguay.

* Amerika Utara, Amerika Tengah dan Karibia (CONCACAF/3 negara): Kanada, Meksiko, Amerika Serikat.

Satu tiket lagi diperebutkan oleh Selandia Baru (Zona Oseania/OFC) dengan Kosta Rika (Zona CONCACAF)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya