SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja belum terima hasil audit dana kampanye pilkada Kota Jogja.

Divisi Divisi Data dan Informasi KPU Kota Jogja Titok Haryanto menjelaskan pihaknya telah melaporkan dana kampanye tiga pasang calon peserta pilkada Kota Jogja ke Kantor Akuntan Pubik (KAP). Titok menjelaskan penyerahan itu dilakukan pada 30 September kemarin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dijelaskan Titok, sesuai aturan setiap KAP memiliki waktu 14 hari atau dua pekan untuk melakukan audit dari laporan yang diserahkannya. Audit yang dilakukan lebih mengarah ke pelacakan kemungkinan pelanggaran batas jumlah bantuan dana pilkada oleh pasangan calon. Bantuan baik dari instansi maupun perorangan menurut Titok ada aturan dan batas batas ketentuannya.

Menurutnya, penyusunan draft publikasi hasil audit baru akan dilakukan oleh KPU setelah laporan hasil audit ketiga pasangan calon diterimam.

Hingga saat ini, imbuhnya, KPU baru menerima hasil audit KAP atas pelaksanaan Pilkada pada peserta paslon Zuhrif Hudaya-Aulia Reza Bastian.

“Yang sudah pasangan nomor satu, sementara yang lain paling lambat besok, sebenarnya kami upayakan hari ini seluruhnya selesai karena kan besok libur,” tandasnya.

Titok menerangkan, pihaknya hanya akan melakukan tindakan sesuai dengan rekomendasi KAP. Jika dalam audit KAP menyebut ada pelanggaran terhadap ketentuan batas bantuan dana kampanye maka akan dilakukan tindaklanjut.

Sebaliknya, jika tidak ada rekomendasi yang menyebutkan pelanggaran, KPU hanya akan mempublikasikan hasil audit kepada masyarakat umum. “Kita tidak menggelar pleno untuk menyikapi hasil audit, kita hanya akan ikuti apa yang direkomendasikan oleh KAP,” tambahnya. (HARIAN JOGJA/Rina Wijayanti)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya