Audisi Umum Bulu Tangkis PB Djarum Digelar Lagi, Kini Hanya di Kudus

Audisi umum PB Djarum hanya fokus pada kategori usia U-11 dan U-13 serta dilangsungkan hanya di Kudus, Jawa Tengah.

 30 Peserta yang mendapatkan super tiket pada Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019 seri Kudus di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). (Dok/ANTARA/Shofi Ayudiana/am)

SOLOPOS.COM - 30 Peserta yang mendapatkan super tiket pada Audisi Umum Beasiswa Bulutangkis 2019 seri Kudus di GOR Djarum, Jati, Kudus, Jawa Tengah, Selasa (19/11/2019). (Dok/ANTARA/Shofi Ayudiana/am)

Solopos.com, JAKARTA—Ajang pencarian bakat pebulu tangkis terbesar di Indonesia kembali digelar oleh PB Djarum setelah sempat absen dua tahun akibat pandemi Covid-19. Pada tahun ini seleksi hanya digelar di Kudus, Jawa Tengah, pada 19-22 Oktober 2022.

Ketua PB Djarum, Yoppy Rosimin, mengatakan pelaksanaan audisi umum tahun ini berfokus pada kategori usia U-11 dan U-13, serta sengaja dilangsungkan hanya di satu kota karena sejumlah pertimbangan keamanan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

“Kenapa hanya satu kota saja? karena kondisi Covid di tahun ini masih belum stabil, kami tidak berani berspekulasi untuk menyebar (audisi) ke berbagai kota karena pengendaliannya akan lebih sulit jika ada pergerakan infeksi,” kata Yoppy menjelaskan dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Rabu (10/8/2022).

Baca Juga: Mantap! Atlet Muda PB Djarum Bawa Jateng Juara Piala Presiden 2022

Bagi PB Djarum, meski acara seleksi hanya berfokus di GOR Djarum, Jati, Kudus namun paling tidak ini menunjukkan komitmen keinginan kuat dari klub untuk mempertahankan regenerasi pebulu tangkis dari jenjang anak-anak.

Ia menjelaskan usaha mematangkan pebulu tangkis hingga bisa bersaing di tingkat dunia paling tidak membutuhkan waktu satu dasawarsa. Oleh karenanya PB Djarum kembali menggelar audisi umum untuk menjaring potensi-potensi calon atlet nasional sedini mungkin.

“Pada U-11 dan U-13 kan masuk rantai regenerasi, kalau tahun depan mereka naik maka kami juga akan membuat rekrutmen baru agar setiap lapisan (usia) tidak bolong. Kalau sampai bolong akan bahaya untuk regenerasi. Arahnya adalah agar ekosistem bulu tangkis terus berjalan,” kata Yoppy menjelaskan.

Baca Juga: YIWS 2022: 769 Pebulu Tangkis Muda Jateng Tampil di Sritex Arena Solo

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Pencari Bakat Audisi Umum PB Djarum, Sigit Budiarto, menuturkan seleksi pada tahun ini akan mencari bibit pebulu tangkis berkarakter yang punya bakat dan teknik mumpuni.

Atlet dengan semangat juang serta mental yang kukuh juga menjadi faktor penilaian yang tidak ketinggalan. Oleh sebab itu, pada edisi audisi tahun ini panitia seleksi tidak mematok jumlah atlet yang akan diambil untuk mengikuti program pelatihan di PB Djarum.

“Jumlahnya berapa tidak kami tentukan, tergantung dari kualitas dan mana yang terbaik. Kalau memang cuma ada lima, ya kami ambil kelimanya. Dalam audisi nanti juga ada turnamen untuk melihat kemampuan atlet keluar dari tekanan, dan daya juangnya. Itu alat ukur yang kami pakai,” ungkap mantan juara dunia ganda putra 1997 itu.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Melaju di Turnamen Tenis Amerika Serikat, Aldila Sutjiadi: Hampir Lupa Caranya!

      Aldila Sutjiadi harus bersusah payah untuk menang pada babak pembuka ITF W25 Austin, Amerika Serikat.

      9 Wakil Indonesia ke Perempat Final Vietnam Open 2022, Ini Daftarnya

      Sebanyak 9 wakil Indonesia tersebut akan berlaga di perempat final Vietnam Open 2022 di Ho Chi Minh, Jumat (30/9/2022) mulai pukul 14.00 waktu setempat.

      Bangkit! Pengurus Pengkot Pordasi Solo Resmi Dilantik

      Seusai dilantik, pengurus Pordasi Solo memastikan sudah menyiapkan berbagai program kerja yang akan jadi patokan selama empat tahun mendatang.

      Ini Tanggapan Pelatih PSM Makassar Tentang Pertandingan di Kandang Persis Solo

      Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, menyatakan suatu saat timnya pasti akan kalah. Namun demikian, apabila kalah ia ingin PSM dikalahkan tim yang lebih berkualitas, bukan karena perangkat wasit.

      Persis Solo Imbang dengan PSM Makassar, Begini Komentar Coach Rasiman

      Di tahan imbang Persis Solo di Manahan, PSM Makassar perpanjang rekor tak terkalahkan.

      Diwarnai Insiden Kartu Merah Jaimerson, Persis Solo Vs PSM Makassar Sama Kuat

      Persis Solo Vs PSM Makassar diwarnai insiden kartu merah dari wasit untuk bek Jaimerson Xavier yang baru masuk ke lapangan.

      Duel Persis Solo Vs PSM Makassar Disaksikan 10.108 Penonton

      Wasit Choirudin mengeluarkan 3 kartu kuning dan satu kartu merah pada laga Persis Solo Vs PSM Makassar yang disaksikan 10.108 penonton tersebut.

      Persis Solo Vs PSM Makassar: Gol Irfan Jauhari Dibalas Kenzo Nambu

      Persis Solo sempat memimpin lebih dulu lewat gol Irfan Jauhari, PSM Makassar membalasnya dengan gol Kenzo Nambu.

      Barito Putera vs Persik Kediri: Intensitas Tinggi di Demang Lehman

      Pertandingan Barito Putera vs Persik Kediri diprediksi berlangsung dalam intensitas yang tinggi

      Susunan Pemain Persis Solo Vs PSM Makassar: Samsul Arif Kembali Starter

      Dalam daftar pemain yang resmi dikirimkan kepada panpel pertandingan, coach Rasiman kembali menurunkan Samsul Arif sebagai starter.

      PSS vs Persita: Laskar Sembada Masih Tanpa Sleman Fans di Maguwoharjo

      PSS Sleman masih tidak akan mendapatkan dukungan langsung dari Sleman Fans saat menjamu Persita Tangerang dalam laga pekan ke-11 Liga 1 2022/2023.

      Percaya Diri, Shin Tae-yong Ingin Jajal Tim Lebih Baik dari Curacao

      Shin Tae-yong ingin menjajal tim dengan ranking FIFA lebih baik dibandingkan Curacao.

      Mantap! 11 Wakil Indonesia Melaju ke Babak Kedua Bulu Tangkis Vietnam Open 2022

      Dari 11 wakil tersebut, delapan di antaranya otomatis melaju ke babak 16 besar setelah diuntungkan dengan mendapat bye pada babak pertama Vetnam Open 2022.

      Hadapi PSM Makassar Sore Nanti, Coach Rasiman: Persis Solo Sangat Siap

      Coach Rasiman menyatakan pemainnya sudah 100 persen siap dan dia berharap bisa menentukan pemain terbaik untuk menghadapi PSM Makassar sore nanti.

      Jadwal Liga 1 Hari Ini: Persis Solo vs PSM, PSS vs Persita

      Jadwal pekan 11 Liga 1 2022/2023 hari ini mempertemukan Persis Solo vs PSM Makassar, PS Barito Putera vs Persik Kediri dan PSS Sleman vs Persita Tangerang.