Audiensi dengan Pemkot Solo, Walhi Minta Amdal PLTSa Putri Cempo Dievaluasi

Walhi Jateng mendesak Pemkot Solo mengevaluasi amdal PLTSa Putri Cempo, Mojosongo, salah satunya karena khawatir dampak ekonomi pada pemulung.

 Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Tengah memberikan penjelasan terkait temuan di PLTSa Putri Cempo dalam diskusi di Hotel Adhiwangsa, Solo, Rabu (28/9/2022). (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Tengah memberikan penjelasan terkait temuan di PLTSa Putri Cempo dalam diskusi di Hotel Adhiwangsa, Solo, Rabu (28/9/2022). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Jawa Tengah meminta Pemkot Solo mengevaluasi analisis mengenai dampak lingkungan atau amdal Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Putri Cempo, Mojosongo.

Hal itu disampaikan dalam audiensi dan diskusi publik terkait pembangunan PLTSa Putri Cempo sebagai bagian dari paparan temuan dalam Adendum Amdal PLTSa tersebut, di Hotel Adhiwangsa pada Rabu (28/9/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Diskusi ini dihadiri Arthaty Multasih dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Solo, Fahmi Bastian dari Walhi Jateng, dan Khrisna dari Nexus 3 Foundation.

Dalam keterangan pers tertulis yang diterima Solopos.com dari Walhi Jateng pada Jumat (30/9/2022), Walhi menyoroti dampak lingkungan, ekonomi, dan sosial dari PLTSa Putri Cempo Solo.

Kekhawatirannya adalah ketika PLTSa beroperasi, akan berdampak secara ekonomi bagi para pemulung yang menggantungkan hidup dari tumpukan sampah. Selain itu ada dampak lingkungan yang tidak tercantum dalam Amdal RKL RPL Pengelolaan TPA Putri Cempo dan Rencana Pembangunan PLTSa.

Baca Juga: Wah, Pemkot Denpasar Bali Belajar Pengelolaan Sampah di TPA Putri Cempo Solo

“Banyak parameter lingkungan yang melewati ambang batas baku mutu dan PLTSa ini akan membuat perubahan signifikan terhadap upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup sehingga lebih baik membuat Amdal yang baru, bukan adendum,” ujar Fahmi Bastian dari Walhi Jateng.

Sedangkan Krishna dari Nexus3 Foundation menyoroti volume sampah di TPA Putri Cempo yang terus turun menurun, selain itu Krishna juga menyoroti bagaimana sampah yang masuk ke TPA Putri Cempo adalah sampah organik.

Sehingga PLTSa Putri Cempo Solo memerlukan banyak sampah anorganik agar saat dikelola tidak membutuhkan banyak tenaga kalor. Dari Bappeda Kota Solo yang diwakili Nugraheni DH mengusulkan kepada DLH untuk membuat amdal baru dengan adanya temuan dari Walhi.

Baca Juga: Menteri ESDM Puji Teknologi Gasifikasi di PLTSa Putri Cempo Solo

Menanggapi hal itu, Arthaty selaku perwakilan DLH mengatakan saat ini DLH Kota Solo membuat amdal baru dan diproyeksikan akan dikeluarkan tahun depan. Dihubungi terpisah, Kepala DLH Kota Solo, Ana Nugroho, memastikan PLTSa Putri Cempo tetap beroperasi.

Ia mengakui memang akan ada perubahan amdal sesuai kegiatan di lapangan. “Yang pasti untuk PLTSa Putri Cempo tetap berjalan seperti rencana awal. Kalau untuk amdal nanti kami sesuaikan dengan kegiatan yang baru di lapangan seperti apa,” ujarnya, Kamis (29/9/2022).

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Selamat! Solopeduli Terima Dua Penghargaan dalam IFA 2022

      Solopeduli baru saja meraih dua penghargaan dalam program Indonesia Fundraising Award (IFA) 2022 yang diselenggarakan Institut Funsraising Indonesia (IFI), Rabu (30/11/2022).

      Ingin Layanan Online di Dispendukcapil Sragen, Bisa Booking Nomor Antrean

      Layanan online di antaranya adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan (Pandu) Online, Sistem Antrean Online (Anton), Pelayanan Antar Jemput Dokumen Aminduk (Pelanduk), dan akan dikembangkan lagi Pelaporan Kematian Langsung Terbit Akta (Pelita).

      Lurah Muda di Sragen Buka Pelayanan PBB di Pos Kamling dan Bentuk Duta Pajak

      Dengan pendekatan jemput bola selama sebulan, lurah muda di Gemolong Sragen ini berhasil mengumpulkan PBB sebesar 25,12% dari ketetapan PBB 2022 senilai Rp333.012.593.

      Polisi Selidiki Dugaan Penampakan Macan di Perbatasan Sragen-Grobogan

      Pihak BKSDA meminta warga sekitar untuk kehati-hatian serta diminta mengurangi aktivitas di sore hari.

      Menjelang Akhir Tahun, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Wonogiri Mulai Naik

      Bahan pokok di Wonogiri yang mengalami kenaikan harga meliputi bawang merah, cabai rawit sret, cabai merah keriting, dan telur.

      Banyak Manfaat, Begini Cara Memperoleh KIA di Sragen

      KIA berfungsi untuk pendataan, perlindungan, dan perlayanan publik, serta sebagai upaya perlindungan dan pemenuhan hak konstitusional warga negara.

      Polres Sukoharjo Sosialisasikan Tata Cara Perizinan Kegiatan Masyarakat

      Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menjelaskan, sosialisasi tentang Perizinan dan Pemberitahuan Kegiatan Masyarakat, digelar dalam rangka menyambut sejumlah event menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

      Dua Jalan Desa di Kecamatan Selo Boyolali Tertutup Longsor, Akses Putus

      Jalan penghubung dua desa di Selo Boyolali terputus akibat tertutup longsor.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak di sini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Kirab Loji Gandrung-Mangkunegaran, Kereta Kaesang-Erina Ditarik 6 Ekor Kuda

      Rencananya, prosesi adat Jawa pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu dilaksanakan di Loji Gandrung pada Minggu (11/12/2022) pagi.

      Jalin Soliditas, PLN UP3 Klaten Gelar Multistakeholder Forum

      Acara diisi dengan beberapa kegiatan di antaranya penandatanganan terkait sertifikat energi baru terbarukan serta penandatanganan komitmen sistem manajemen antipenyuapan

      Pengumuman! CFD Boyolali Desember 2022 Cuma Dua Kali, Ini Alasannya

      CFD hanya dua kali karena pada 18 Desember untuk gerak jalan hari jadi DPRD Boyolali, dan bertepatan perayaan Natal 25 Desember.

      Sukoharjo Hujan Ringan Rabu Siang Ini, Cek Prakiraan Cuaca Lengkapnya

      Menurut prakiraan cuaca BMKG, Kabupaten Sukoharjo berawan mulai Kamis (30/11/2022) siang.

      Prakiraan Cuaca Karanganyar Hari Ini 1 Desember 2022, Siang Hujan Ringan

      Info lengkap prakiraan cuaca Karanganyar hari ini, Kamis (1/12/2022), bisa Anda simak di sini.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Kamis Ini: Cerah Berawan Siang dan Malam

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Kamis 1 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.