Tutup Iklan

Aturan Baru Liga 2 Perbesar Kans Persis Solo Main di Stadion Manahan

Dalam aturan baru PT Liga Indonesia Baru (LIB), setiap tuan rumah dapat bermain di markasnya sendiri.

 Pemain Persis Solo memasuki lapangan Stadion Manahan pada laga uji coba melawan Bali United 16 Juni 2021. (Istimewa/Persis Solo)

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo memasuki lapangan Stadion Manahan pada laga uji coba melawan Bali United 16 Juni 2021. (Istimewa/Persis Solo)

Solopos.com, SOLO—Persis Solo berpeluang besar tampil di Stadion Manahan dalam babak penyisihan Liga 2 2021. Persis yang mengajukan diri sebagai tuan rumah siap memenuhi sejumlah persyaratan sebagai tuan rumah.

Dalam regulasi terbaru, PT Liga Indonesia Baru (LIB) memastikan setiap tuan rumah dapat bermain di markasnya sendiri. Hal ini berbeda dengan Liga 1 2021/2022 di mana setiap pertandingan digelar di tempat netral.

Diketahui, Persis telah mengajukan diri sebagai salah satu tuan rumah fase grup Liga 2. Laskar Sambernyawa memiliki Stadion Manahan dan sejumlah lapangan latihan yang representatif untuk menjadi host kompetisi kasta kedua musim ini.

Baca Juga: Jangan Ada OTT Lagi, KPK Ingatkan Bupati/Wali Kota di Jateng Jauhi Korupsi

Dengan format kompetisi yang akan dibagi menjadi empat grup, artinya PT LIB bakal menunjuk empat venue untuk menjadi tuan rumah. Persis memastikan tetap maju dalam proses pencalonan tuan rumah meski PT LIB memberikan sejumlah syarat cukup berat.

Dalam surat bernomor 432/LIB-KOM/IX/2021 tertanggal 8 September 2021, klub tuan rumah wajib menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan sesuai standar protokol kesehatan. PT LIB “hanya” memberikan subsidi senilai Rp400 juta bagi tuan rumah.

Selain itu tuan rumah wajib menanggung biaya transportasi lokal klub peserta. Media Officer Persis, Bryan Barcelona, mengatakan klub sudah mengetahui sejumlah syarat terbaru dalam proses bidding tuan rumah Liga 2.

Baca Juga: Kuota Promosi Liga 3 Bertambah, Persika dan Persebi Makin Antusias

 

Keuntungan Psikologis

Dia menegaskan Persis siap memenuhi sejumlah ketentuan yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah. “Kami sudah komitmen untuk maju dalam bursa tuan rumah, masalah finansial insya Allah tidak ada kendala. Lapangan latihan juga sudah kami siapkan,” ujar Bryan kepada Solopos.com, Rabu (8/9/2021).

Stadion Manahan diperkirakan bakal bersaing dengan Stadion Wijaya Kusuma (Cilacap), Stadion Teladan (Medan), Stadion Bumi Sriwijaya (Palembang), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Kaharudin Nasution (Pekanbaru), Stadion Utama (Riau), dan Stadion Batakan (Balikpapan) untuk menjadi salah satu dari empat host fase grup.

Polri sudah memberikan lampu hijau pelaksanaan kompetisi di ketujuh lokasi tersebut. “Bermain di Manahan akan menjadi keuntungan psikologis bagi tim. Bagaimana pun, Stadion Manahan adalah homebase Persis,” ujar Bryan.

Baca Juga: Kabar Baik! Marinus Wanewar Pulih Lebih Cepat, Bisa Tampil di Awal Liga 2

Sementara itu, Koordinator Save Our Soccer, Akmal Marhali, mengkritisi format Liga 2 yang ditawarkan PT LIB. Akmal menilai kebijakan membolehkan tuan rumah bermain di homebase sangat rawan terjadi match setting dan match fixing.

Tuan rumah, imbuhnya, berpotensi “meminta kemudahan” untuk lolos ke babak selanjutnya karena telah mengeluarkan biaya operasional. “Apakah PSSI dan PT LIB bisa menjamin tidak terjadi jual beli pertandingan?” ujarnya.

Pihaknya menyarankan tidak ada klub yang berstatus tuan rumah supaya kompetisi berlangsung sehat. “Untuk menjaga keadilan, sebaiknya penyelenggaraan semua dilakukan PT LIB.”

 

Persyaratan Tuan Rumah Liga 2

-Menanggung seluruh biaya penyelenggaraan pertandingan sesuai protokol kesehatan. Liga Indonesia Baru (LIB) akan memberikan subsidi Rp400 juta selama penyisihan.

-Menanggung biaya transportasi lokal untuk klub peserta yakni penyediaan satu unit bus per klub untuk latihan, laga dan kepulangan.

-Merekomendasikan minimal tiga lapangan latihan dengan kondisi baik serta representatif dengan biaya ditanggung masing-masing klub.

-Menginformasikan lima hotel representatif untuk klub peserta dengan biaya ditanggung masing-masing klub.

 


Berita Terkait

Berita Terkini

Beredar Surat Undangan Seleksi Persis Muda GR, Begini Respons Kaesang

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, menanggapi beredarnya surat undangan seleksi pemain untuk Piala Soeratin 2021 dari Manajemen Persis Muda GR.

Fajar/Alfian Gagal Susul Marcus/Kevin ke Semifinal Indonesia Open 2021

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal melaju ke babak semifinal Indonesia Open 2021.

Gagal di Liga 3 Jateng, Ini Target Persika Selanjutnya

Persika Karanganyar masih memiliki sisa laga di kancah Liga 3 Zona Jateng 2021 dengan menghadapi PSIR Rembang di Stadion Bhumi Pala, Temanggung, Sabtu (26/11/2021).

Sudahi Perlawanan Ganda Malaysia, The Minions ke Semifinal

Ganda putra terbaik dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menyegel tiket ke semifinal Indonesia Open 2021.

Manchester United Datangkan Rangnick, Posisi Ronaldo Terancam?

Manchester United dikabarkan telah menunjukkan Ralf Rangnick sebagai manajer interim untuk membesut Cristiano Ronaldo dan kolega.

Satgas Antimafia Bola, Awasi Gerak-Gerik Wasit Hingga di Luar Stadion

Satgas Antimafia Bola kerap terlihat di sela pertandingan Liga 1 maupun Liga 2 untuk mengantisipasi praktik pengaturan skor.

Wakil Denmark Mundur, Jonatan Christie ke Semifinal Indonesia Open 2021

Pebulu tangkis Indonesia, Jonatan Christie, dipastikan melaju ke babak semifinal Indonesia Open 2021 setelah lawannya mundur akibat cedera otot dada.

Prediksi Bhayangkara FC Vs PSIS Semarang: Menjaga Posisi Capolista

Bhayangkara FC Solo akan melakoni laga pekan ke-14 Liga 1 musim 2021-2022 kontra PSIS Semarang di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Wow, Pemerintah Mulai Pikirkan Karier Atlet E-Sports yang Pensiun

Para atlet e-sports terbilang memiliki usia produktif yang tergolong amat singkat. Rata-rata mereka sudah mengakhiri karier di ujung usia 20-an sampai 30-an tahun.

Kalah dari PSISa, Persika Tutup Asa ke Semifinal Liga 3 Jateng

Persika Karanganyar dipastikan gagal melaju ke babak semifinal Liga 3 Jateng setelah kalah dari PSISa Salatiga.

Waduh! Anak Jacksen F Tiago Disanksi Komdis PSSI

Komite Disiplin (Komdis) PSSI telah merilis hasil sidang pelanggaran yang dilakukan di BRI Liga1, Liga 2, dan kompetisi Elite Pro Academy.

Lampu Hijau untuk PSSI, Jordi Amat Siap Bela Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengajukan empat pemain keturunan kepada PSSI agar bisa membela Timnas Indonesia.

Dominan! Ini Statistik Persis Solo vs HWFC

Persis Solo memastikan lolos ke babak delapan besar setelah mengalahkan Hizbul Wathan Football Club (HWFC) 3-1 dalam laga kesembilan Liga 2.

Lumat Alanyaspor, 2 Penggawa Persis Solo Jadi Starter Timnas U-18

Dua penggawa Persis Youth tampil sebagai starter eleven saat Timnas Indonesia mengalahkan Alanyaspor 4-0 di Limax Football Complex, Antalya, Turki, pada Rabu (24/11/2021) malam.

Greysia/Apriyani Menangi Perang Saudara di Indonesia Open 2021

Pasangan ganda putri Indonesia, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, sukses melaju ke babak perempatfinal Indonesia Open 2021.

Eks Kiper Juventus Mudik ke Lombok, Isu Naturalisasi Kian Kencang

Kiper Sampdoria, Emil Audero Mulyadi, kedapatan mudik ke kampung halamannya di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia.