SOLOPOS.COM - Department Manager Hypermart Solo Square, Dian (kanan) didampingi rekannya, Dwi Suprapto menunjukkan coffe maker di Hypermart Solo Square, Sabtu (22/12/2012)

Department Manager Hypermart Solo Square, Dian (kanan) didampingi rekannya, Dwi Suprapto menunjukkan coffe maker di Hypermart Solo Square, Sabtu (22/12/2012)

Mesin penyeduh kopi atau biasa dikenal dengan nama coffeee maker memang memudahkan Anda membuat minuman kopi. Anda tak perlu tidak repot merebus air hingga mendidih, kemudian menuangkannya ke cangkir berisi bubuk kopi dan gula.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Mesin ini pengoperasiannya sangat mudah karena ada tempat mendidihkan air, tempat bubuk kopi lengkap dengan saringan dan teko untuk menampung seduhan kopi serta pelat agar kopi tetap hangat,” papar SSupervisor Peralatan Rumah Tangga Ace Hardware, Solo Paragon Mall, Eko Wahyono, Sabtu (22/12).

Cara kerjanya, masukkan air ke tabung untuk 10 atau 12 cangkir. Jika butuh enam atau delapan porsi, tinggal sesuaikan dengan angka di samping tabung.

Air mendidih akan mengucur ke tempat bubuk kopi di bagian atas. Kemudian secara perlahan kopi akan terseduh dan mengucur ke teko yang letaknya di bagian bawah.

Setelah teko penuh, tinggal tuang ke cangkir yang sudah diberi gula atau susu. Setelah itu, aduk perlahan, minuman siap dinikmati. Sisa kopi di teko bisa tetap hangat karena ada pelat pemanas di bagian bawah mesin.

“Di Kris Coffee Maker ada tombol untuk mengatur kepekatan kopi yang Anda inginkan. Tinggal putar tombol ke arah kiri untuk kopi yang tidak terlalu pekat dan ke arah kanan untuk kopi pekat,” terang Eko.

Perawatan Mudah

Menurut Department Manager Hypermart Solo Square, Dian,  seusai digunakan, mesin harus langsung dibersihkan.

“Cukup bersihkan teko dengan sabun pencuci piring. Tempat bubuk kopinya tinggal dilepas kemudian dibersihkan pakai air bersih. Jika perlu dengan air hangat sampai sisa atau ampas kopi benar-benar hilang,” papar Dian kepada Espos, Sabtu.

Penangannya harus hati-hati. Menurut Eko Wahyono, sebaiknya peralatan yang terhubung langsung dengan listrik tidak terkena air. Karena akan korsleting dan rusak, cukup dibersihkan dengan lap kain yang bersih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya