SOLOPOS.COM - Range Rover seberat 2,37 ton menaiki jembatan kertas. (Worldcarfans.com)

Atraksi mobil dilakukan untuk merayakan ulang tahun Land Rover.

Solopos.com,SUZHOU – Genap berusia 45 tahun, Land Rover memilih cara yang unik untuk merayakannya. Pabrikan mobil asal Inggris itu nekat melakukan atraksi mendaki dan menuruni jembatan kertas dengan mobil berbobot lebih dari dua ton.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mobil yang digunakan dalam atraksi nekat itu adalah Range Rover Vogue SCV6. Sementara yang mengemudikannya adalah Kepala Instruktur Land Rover Tiongok, Chris Zhou. Dilansir laman Worldcarfans, Jumat (20/11/2015), pada awalnya ia mengaku sempat merasa ragu melakukan hal tersebut.

Pasalnya, jembatan sepanjang lima meter itu hanya disusun dari lembaran-lembaran kertas tanpa menggunakan lem. Keraguannya makin menjadi ketika mengetahui bahwa desain jembatan ternyata dibuat melengkung dengan kemiringan cukup curam.

Kendati demikian, Zhou berhasil melakukan atraksi gila tersebut meski jembatan sedikit meleyot di awal. Ia bahkan sempat menghentikan sejenak mobil sport utility vehicle (SUV) andalan Land Rover itu di puncak jembatan sebelum akhirnya kembali turun.

Zhou menjelaskan jembatan tersebut dirancang oleh Steve Messan, yakni seniman sekaligus insinyur asal Inggris. Sebelumnya, ide gila itu terinspirasi oleh acara televisi yang menunjukkan manusia dapat diangkat menggunakan selembar kertas koran.

“Susunan kertas yang mampu menahan bobot manusia itu sudah biasa. Tetapi kali ini kami membuatnya pada level yang berbeda dan belum pernah ada, yakni kertas yang mampu menahan bobot mobil. Ini memerlukan perhitungan teknis mencapai batas,” terang Messan.

Sebagai informasi, Range Rover dipilih untuk melakukan atraksi mobil itu karena penjualannya adalah yang terbanyak ketimbang produk lain dari Land Rover di Tiongkok. Mobil itu dibekali mesin V6 3.000 cc turbocharged bertenaga 340 hp dengan torsi 450 Nm.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya