SOLOPOS.COM - Salah satu wahana permainan yang mengisi Pasar Malam Sekaten di Alun-Alun Utara Keraton Solo tahun 2022. Foto diambil Selasa (13/9/2022). (Solopos/Gigih Windar Pratama)

Solopos.com, SOLO — Berbagai keuntungan serta fasilitas disiapkan penyelenggara Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah di De Tjolomadoe, Kecamatan Colomadu, Karanganyar, 17-21 November 2022 mendatang. Ada berbagai atraksi sampai gratis masuk ke Museum De’ Tjolomadoe.

Hal itu disampaikan Sekretaris Bidang Bazar Expo Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah, Muhammad Lutfi Arsyad, saat diwawancarai Solopos.com, Senin (26/9/2022). Lokasi bazar berada di parkir sisi timur Museum De Tjolomadoe.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ada stan terus ada area playground, misalkan bianglala dan istana balon untuk memeriahkan bazar, semacam di pasar malam Sekaten,” katanya.

Dia menjelaskan penyelenggara menyediakan 500 stan untuk bazar expo Muktamar Muhammadiyah di Solo dan lebih kurang 60 persen di antaranya telah terisi sampai Senin pagi.

Penyelenggara bakal menggelar berbagai acara pendukung setiap hari mulai pukul 09.00 WIB sampai 22.00 WIB. “Ada festival band, drama kolosal, ada festival dai cilik. Setiap harinya ada main artisnya, artis Jateng,” paparnya.

Baca Juga: Stan Bazar Expo Muktamar Muhammadiyah Solo Masih Tersedia, Ini Cara Daftarnya

Selain itu, lanjut Lutfi, penyelenggara telah memborong tiket masuk sehingga para pengunjung yang akan masuk Museum De Tjolomadoe dipastikan gratis. Biasanya masuk museum ada tarifnya puluhan ribu rupiah per orang.

“Kawasan museum berbayar Rp30.000/Rp35.000  kalau enggak salah. Selama acara kami free jadi kami sudah borong,” jelasnya.

Lutfi menjelaskan ruang indoor digunakan untuk Muhammadiyah Innovation and Technology Expo (MITE). Ada 100 stan MITE untuk perguruan tinggi Muhammadiyah, sekolah Muhammadiyah, dan individu Muhammadiyah.

Baca Juga: Bazar Expo UMKM Muktamar ke-48 Muhammadiyah Solo, Ratusan Stan Sudah Terisi

“Masih dalam proses kurasi jadi semua daftar dulu teknologi apa nanti tim kurator memilih mana yang layak tampil di situ. Tidak semua bisa daftar namun ada inovasi dan teknologi dari perguruan tinggi, sekolah, dan individu Muhammadiyah,” jelasnya.

Adapun kategori MITE adalah bidang teknologi, software, startup, medical herbal, varietas tanaman, teknologi tepat guna, formula, metode, dan bidang sosial humaniora serta public policy.

Lutfi mengatakan pelaku UMKM dapat berpartisipasi mengikuti bazar dengan mengakses laman https://bazar.muktamar48.id/ atau nomor Whatsapp 0899 8504 6660. Ada panduan mendaftar pada laman tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya