SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Andy Murray. JIBI/SOLOPOS/Reuters

LONDON—Petenis Inggris Raya, Andy Murray seusai menumbangkan jagoan Prancis, Jo-Wilfried Tsonga, secara straight set, 6-2, 7-6(3) di O2 Arena, London, Sabtu (10/11/2012) dini hari WIB.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Murray lolos dari fase Grup A ATP World Tour Finals dengan status sebagai runner up. Juara Olimpiade 2012 ini tak bisa meraih posisi lebih baik dari urutan kedua setelah pada pertandingan kedua penyisihan grup takluk dari rival beratnya, Novak Djokovic, Rabu (7/11/2012).

Kekalahan dalam duel kontra Djokovic membuat Murray harus mengantongi kemenangan minimal satu set untuk mengamankan posisinya . Meski kalah, sebenarnya Murray sebenarnya sudah bisa lolos setelah pada partai lainnya di Grup A, pesaingnya ke semifinal, Tomas Berdych,kalah dari Djokovic, dua set langsung, 6-2, 7-6.

Namun keuntungan itu tak mengendurkan agresifitas Murray. Ia justru langsung tampil eksplosif untuk mengunci kemenangan di set pertama dengan cepat.

Disaksikan sederet pesohor, seperti mantan pemain sepakbola, Fabrice Muamba, aktor Kevin Spacey dan eks kiper Manchester United, Peter Schmeicel, Murray menyelesaikan perlawanan Tsonga di set pertama dalam seperempat jam alias 15 menit.

Pada set kedua, Murray tak menyurutkan serangannya. Meski sudah dipastikan melaju ke fase selanjutnya, Murray tetap memberikan serangan hebat ke Tsonga.

Namun, Tsonga yang tak ingin meraih kemenangan pertamanya di turnamen akhir musim ini mulai bangkit. Finalis musim lalu ini bahkan memaksa pertandingan diselesaikan hingga tie-break.

Namun, kerja keras Tsonga tak berbuah banyak. Pada posisi tie-break, Murray mampu mengakhiri perlawanan ranking delapan dunia ini.

“Ini scenario yang cukup sulit, di mana Anda hanya butuh satu set untuk membawa ke babak selanjutnya. Penting mendapatkan set pertama dan set kedua menjadu lebih baik, dengan sebuah rally yang sempurna,” ujar Murray seusai pertandingan dilansir Eurosport.

“Set kedua, Jo bermain lebih baik. Dia atlet yang luar biasa dan memberi permainan yang hebat. Ivan [Lendl] berkata padaku sebelum pertandingan untuk melupakan segalanya dan hanya membutuhkan kemenangan satu set, tapi saya tak mendengarkannya,” imbuh Murray.

Pada semifinal yang digeber Minggu (11/11/2012) waktu setempat, Murray kemungkinan akan menghadapi Roger Federer sebagai pemuncak Grup B. Namun, keadaan ini bisa berubah seandainya Federer takluk dari Juan Martin del Potro, pada partai pamungkas Grup B yang digelar Sabtu (10/11/2012) tengah malam WIB.

“Anda tak pernah tahu siapa lawan yang akan dihadapi. Baik Juan dan Roger memiliki permainan yang bagus seperti saat Prancis Terbuka, Olimpiade, dan Juan memenangi Basel Terbuka,” beber Murray.

Hasil Pertandingan ATP World Tour Finals Grup A
Andy Murray kalahkan Jo-Wilfried Tsonga 6-2 7-6(3)
Novak Djokovic kalahkan Tomas Berdych 6-2 7-6(6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya