SOLOPOS.COM - Rafael Nadal dan Thomas Berdych akan ikut serta dalam turnamen pamungkas ATP World Tours Final di London. Ist/dok

ATP World Tour Finals 2015 yang menjadi ajang turnamen pamungkas tenis dunia akhirnya diikuti oleh Nadal dan Berdych.

Solopos.com, LONDON—Ajang tenis pamungkas ATP World Tour Finals 2015 tinggal menyisakan dua kursi untuk diperebutkan setelah Rafael Nadal dan Tomas Berdych terkualifikasi. Nadal dan Berdych mengikuti jejak empat petenis papan atas dunia yang lebih dulu lolos, yakni Novak Djokovic, Andy Murray, Roger Federer, dan Stanislas Wawrinka.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Turnamen penutup musim 2015 ini tergolong elite mengingat hanya delapan petenis terbaik yang bisa unjuk gigi. Mereka akan saling jegal di O2 Arena, London, Inggris, 15-22 November mendatang. Dalam tiga musim beruntun, petenis nomor satu dunia, Djokovic, yang keluar sebagai juara.

Dilansir atpworldtourfinals, Senin (19/10/2015), Nadal yang kini bertengger di peringkat ketujuh dunia lolos ke ajang prestisius ini untuk 11 kali beruntun. Ia bakal hadir di London setelah menjadi semifinalis di Shanghai Masters 2015, akhir pekan lalu. Sepekan sebelumnya petenis terbaik Spanyol tersebut jadi runner up di China Open 2015. Performa Nadal yang terbilang impresif dalam dua pekan terakhir menempatkannya di urutan kelima daftar petenis yang akan bermain di O2 Arena.

Petenis kidal ini sukses menapakkan kaki di ATP Final dua kali, yakni di musim 2010 dan 2013. Hanya, ia terpaksa absen musim lalu lantaran mengalami usus buntu. Bukan sekali itu ia batal tampil karena cedera atau sakit, Nadal sempat mengambil langkah ini di musim 2005, 2008, dan 2012.

Sepanjang musim 2015 petenis berusia 29 tahun itu mengklaim tiga gelar, yakni di Argentina Open, ATP Stuttgart, dan Hamburg. Di samping itu, ia tiba jadi finalis dua kali, di Madrid Open dan China Open. Rekor Nadal musim ini adalah menang 52 kali dan kalah 17 kali.

“Kami berlatih lebih spesifik daripada yang kami lakukan di tahun-tahun sebelumnya. Saya juga mencoba beberapa hal meski tak selalu berakhir dengan baik. Tapi, di antara sekarang dan musim depan saya akan berkembang,” kata Nadal.

Sementara itu, Berdych tampil di ATP Finals untuk kali keenam beruntun. Catatan terbaik petenis nomor lima dunia itu adalah sampai di semifinal musim 2011 lalu. Ia berhasil mengamankan satu tempat di London setelah membukukan rekor 51-18 (menang-kalah).

Petenis asal Republik Cheska itu merebut satu titel di musim 2015, yakni ATP Shenzhen. Selain itu, ia jadi runner up di tiga turnamen, Doha Open, Rotterdam, dan Monte Carlo Master. Kali terakhir Berdych sampai di perempat final Shanghai Masters 2015. (Farida Trisnaningtyas/JIBI)

  • Petenis Peserta ATP World Tour Finals 2015

No                   Petenis

1.                     Novak Djokovic

2 .                    Andy Murray

3 .                    Roger Federer

4 .                    Stan Wawrinka

5  .                   Rafael Nadal

6  .                   Tomas Berdych

7  .                   Kei Nishikori

8  .                   David Ferrer

*Keterangan: no 1-6 sudah terkualifikasi

Sumber: atpworldtour.com. (rid/JIBI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya