SOLOPOS.COM - Petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, memeluk trofi juara kedua setelah dikalahkan Novak Djokovic di final ATP World Tour Finals 2013 di O2 Arena, London, Selasa (12/11/2013). JIBI/Solopos/REUTERS/Toby Melville

Solopos.com, LONDON – Petenis nomor satu dunia, Rafael Nadal, mengaku tak patah semangat, meski gagal memenangi trofi ATP World Tour Finals 2013.

Harapan Nadal mengakhiri musim ini dengan sebuah trofi kandas setelah di partai final takluk dari rival sengitnya, Novak Djokovic, dengan skor telak, 3-6, 4-6 di O2 Arena, London, Selasa (12/11/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Nadal memberi perlawanan cukup sengit terhadap Djokovic, terutama setelah kehilangan tiga game awal. Namun, penampilan petenis yang posisi nomor satu dunianya direbut Nadal, medio Oktober lalu itu, cukup konsisten.

Ia pun mampu menghentikan perlawanan Nadal dua set langsung.

Kekalahan dengan skor telak dari Djokovic jelas membuat Nadal sedikit kecewa. Meski demikian, petenis Spanyol itu pantang berputus asa, karena merasa penampilannya tak terlalu buruk.

“Hal yang membuat perbedaan hari ini adalah servis, saya tak melakukan servis dengan baik, dia melakukan servis dengan sangat bagus,” ujar Nadal seusai pertandingan, dilansir Eurosport, Selasa.

“Untuk selebihnya, saya merasa ketika saya bermain, saya tak terlalu jauh dari levelnya.”

“Di awal dia bermain lebih baik dariku. Setelah itu, saya tak melihat perbedaan. Saya merasa bermain cukup bagus untuk bisa lebih sedikit daripada mencetak skor. Tapi akhirnya, saya kalah 3-6, 4-6. Saya kalah 3-6, 4-6 karena lawan bermain lebih baik dari pada saya.”

Pertarungan antara Djokovic versus Nadal ini merupakan yang keenam kalinya di tahun ini. Kedua petenis sama-sama mengantongi tiga kemenangan. Tiga kemenangan Djokovic diraih di ATP World Tour Finals, China Open dan Monte Carlo Masters. Sementara, Nadal unggul di Grand Slam France Open, Rogers Cup dan Grand Slam US Open.

Dari total pertemuan keduanya, Djokovic kini mencatatkan 17 kali kemenangan, sedang Nadal unggul di 22 laga.

Meski kalah, posisi Nadal di urutan teratas ranking dunia tetap tak terbantahkan. Nadal kokoh berada di puncak menyusul prestasinya yang mampu menembus 14 final dalam 17 turnamen yang diikutinya sepanjang tahun ini, di mana 10 di antaranya dimenanginya.

“Menang atau kalah hari ini tak akan mengubah karierku,” lanjut Nadal.

“Saya sangat kecewa. Saya tahu saya bukanlah favorit dalam pertandingan, bahkan jika saya berusaha dengan sikap yang benar, bertarung di setiap waktu, bahkan jika pertandingan tidak seperti yang saya inginkan.”

“Apa yang terjadi tahun ini adalah sangat spesial.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya