SOLOPOS.COM - Roger Federer (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

ATP Finals 2015 menyajikan kemenangan Roger Federer atas Novak Djokovic.

Solopos.com, LONDON — Roger Federer memastikan satu tempat di babak semifinal ATP World Tour Finals 2015. Satu tiket ini diamankan petenis nomor tiga dunia itu setelah meraih kemenangan penting atas unggulan teratas, Novak Djokovic, di partai kedua babak round robin, di O2 Arena, London, Inggris, Selasa (17/11/2015) waktu setempat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tergabung dalam Grup Stan Smith, Federer menumbangkan Djokovic dua set langsung, 7-5, 6-2. Petenis terbaik Swiss itu mengakhiri rekor apik sang juara bertahan dalam 15 laga beruntun di ATP Finals. Selain itu, Federer juga mematahkan catatan Djokovic yang belum pernah kalah 23 pertandingan berturut-turut sejak final Cincinnati Masters 2015, Agustus lalu.

“Dia [Djokovic] memang memiliki rekor bagus di lapangan indoors. Tapi, saya merasa ini soal peluang saya sendiri mengambil kesempatan,” papar Federer yang dikalahkan Djokovic di final Wimbledon dan US Open 2015, dilansir Atpworldtour.com, Rabu (18/11/2015).

Hasil bagus ini membikin Federer sampai di semifinal ATP Finals untuk kali ke-13 dari total 14 kali penampilan. Sebelumnya, petenis berusia 34 tahun itu membuka ajang ini dengan menundukkan Tomas Berdych. Ia tinggal meladeni Kei Nishikori di partai terakhir round robin, Kamis (19/11/2015).

Sebaliknya, Djokovic tak pernah kalah sejak ATP Finals musim 2011 lalu. Selama kurun waktu tiga musim, petenis asal Serbia ini mencetak hat-trick juara di musim 2012, 2013, dan 2014. Kini ia tengah mengejar titel kelima.

“Saat Anda merasa sedang dalam tak dalam performa terbaik, maka itulah yang terjadi. Saya berikan kredit untuk Roger karena ia memberi suatu yang berbeda di lapangan. Dia bertindak efisien. Sedangkan saya malah melakukan banyak kesalahan,” papar Djokovic.

Di grup yang sama, Kei Nishikori memperpanjang napas untuk bisa melaju ke babak berikutnya dengan mempecundangi Berdych dalam laga tiga set, 7-5, 3-6, 6-3. Di laga perdana unggulan kedelapan ini dibungkam Djokovic, Minggu (15/11/2015) kemarin. Tapi, jalan Nishikori tak mudah mengingat di pertandingan terakhir ia mesti menghadapi Federer.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sangat penting bagi kami. Saya harus menang jika ingin lolos dari grup ini. Saya akan berusaha sebaik mungkin dan menyiapkan berbagai strategi,” jelas Nishikori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya