SOLOPOS.COM - Ilustrasi satelit (Istimewa/Telegraph)

BI menyatakan ada beberapa alternatif satelit selain Telkom 1 yang kini mengalami gangguan dan menyebabkan ribuan ATM offline.

Solopos.com, JAKARTA — Bank Indonesia memaparkan langkah-langkah untuk yang ditempuh oleh otoritas untuk memitigasi persoalan ribuan ATM berbagai bank yang offline akibat anomali satelit Telkom-1.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Pada Jumat (25/8/2017), sekitar pukul 16.51 WIB, PT Telkom menyatakan ada anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom-1, sehingga semua layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengemukakan sejatinya ada alternatif satelit bagi sejumlah bank selain Telkom-1, yaitu Telkom-2 dan Telkom-3S. Namun, lanjutnya, ada beberapa bank yang masih menggunakan satelit Telkom-1 sebagai penyedia jasa jaringan.

“Dan begitu hari Jumat itu ada gangguan yang sifatnya anomali, tentu perbankan itu khususnya, memperhatikan di kantor kas dan di ATM-nya,” kata Agus seusai mengikuti rapat di Istana Merdeka, Senin (28/8/2017).

Agus menyebutkan, BI sudah menjalin komunikasi dan koordinasi dengan seluruh pelaku perbankan sejak insiden ini terjadi. Menurutnya, Telkom telah melakukan kontak dengan vendor internasional untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya