SOLOPOS.COM - Mesin ATM/aplustoper

Solopos.com, JAKARTA – Pengamanan pada mesin anjungan tunai mandiri (ATM) selama ini masih mengandalkan pada kartu dan nomor PIN. Namun di Singapura sudah ada ATM yang menggunakan pengenal wajah sebagai alat autentifikasinya.

Bank yang menerapkan ATM ini adalah OCBC, yang sudah menerapkan keamanan biometrik wajah di delapan ATM-nya. Termasuk di kantor cabang utama mereka di Tampines, CBD, demikian dikutip Detikinet dari Zdnet, Minggu (21/3/2021).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Selain jumlahnya yang masih terbatas, OCBC pun masih membatasi kemampuan ATM yang menggunakan biometrik ini. Yaitu terbatas untuk mengecek jumlah saldo. Namun mereka menjanjikan akan menambah fitur yang didukung oleh ATM ini.

Baca juga : TNI AL Terima Alugoro 405, Kapal Selam Pertama Buatan Indonesia

Fitur yang nantinya bakal didukung termasuk penarikan uang, namun mereka tak memastikan kapan fitur ini akan didukung. Setelahnya, ATM dengan biometrik wajah ini juga bisa dipakai untuk menyetor uang, transfer uang, mengisi e-money, dan membayar tagihan kartu kredit.

Menurut OCBC, mengecek saldo dan menarik uang adalah dua fitur yang paling banyak digunakan oleh nasabahnya di ATM, yaitu hampir delapan dari 10 transaksi yang dilakukan.

Kehadiran fitur biometrik ini didukung oleh sistem SingPass Face Verification yang diterapkan oleh pemerintah Singapura. Di mana data biometrik wajah tersebut akan diverifikasi menggunakan database biometrik nasional, yang sudah mengidentifikasi empat juta warganya.

Baca Juga : Bola Wrap 100, Jerat Lasso Jarak Jauh Pelumpuh Penjahat Onar

Teknologi tersebut juga dilengkapi dengan fitur keamanan seperti kemampuan mendeteksi liveness. Hal ini untuk menghindari penggunaan foto, video, ataupun masker yang bisa menipu sistem verifikasi.

Kehadiran sistem ini menurut OCBC menggantikan kebutuhan penggunaan kartu ATM, yang bisa dikloning ataupun dicuri. Jadi pengguna hanya perlu memasukkan nomor PIN dan kemudian wajahnya dipindai oleh sistem sebelum menggunakan ATM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya