SOLOPOS.COM - Logo Bank BCA.(JIBI/Bisnis).

Sebagian ATM BCA di berbagai tempat bermasalah sejak Sabtu (27/8/2017).

Solopos.com, JAKARTA — Beberapa jaringan automatic teller machine (ATM) dan kantor kas PT Bank Central Asia Tbk. mengalami offline. Hal itu disebut karena adanya gangguan satelit Telkom 1.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Presiden Direktur Bank Central Asia Jahja Setiaatmadja mengatakan, perseroan mendapatkan info ada beberapa ATM yang offline di Jakarta pada kawasan Kramatjati, tebet, dan Kemayoran. Gangguan tak hanya terjadi di Jakarta, berbagai ATM BCA di Kota Solo dan sekitarnya juga offline sejak Sabtu (27/8/2017).

“Hal itu disebabkan adanya gangguan pada satelit Telkom 1 sehingga jaringan ATM dan beberapa kantor kas tidak mendapatkan hubungan,” ujarnya kepada Bisnis/JIBI, Sabtu (26/8/2017).

Jahja menuturkan, ada 100 kantor kas perseroan yang juga terkena, tetapi tengah dalam tahap pengalihan kepada alternatif lain untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. “Kami harap untuk kantor kas, Senin besok sudah kembali lancar,” ujarnya.

Salah satu warga Sukoharjo, Iyas, 30, mengaku batal mengambil uang di mesin ATM setelah mendapat info kalau ada masalah. Dia menyampaikan ATM BCA yang trouble tersebut menjadi perbincangan cukup hangat di grup layanan pesan multiplatform. Menurut dia, temannya yang berada di Jakarta pun sulit untuk mengambil uang di ATM.

“Teman yang di Solo dan Jakarta mengatakan kalau mesin ATM bermasalah. Di layar ATM tertulis kalau mesin tidak bisa digunakan, berpindah ke tiga ATM pun sama jadi [saya] batal mengambil uang di ATM,” kata dia, Sabtu.

Hingga Minggu (27/8/2017) pagi, sebagian ATM BCA di barat Soloraya masih offline. Namun, transaksi menggunakan kartu debit di berbagai pusat perbelanjaan dan toko modern tetap berjalan normal. Penarikan uang tunai melalui kasir berbagai toko modern juga bisa dilakukan seperti biasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya