Atlet asal Malaysia menjajal lintasan atletik di Stadion Tri Lomba Juang, Semarang, Kamis (18/7/2019). Mereka melakukan persiapan sebelum melakoni ASEAN School Games XI. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Semarangpos.com, SEMARANG – Kontingen atletik siap memberikan emas perdana bagi Indonesia pada ASEAN School Games (ASG) XI di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), 18-25 Juli 2019.

Pelatih Indonesia, Fadlin Ahmad, mengatakan pada pelaksanaan hari pertama ASG, Jumat (19/7/2019), ada sejumlah nomor yang sudah menggelar partai final atau perebutan medali emas. Nomor itu, yakni tolak peluru putra, lompat jauh putra, lari gawang 110 meter putra, lempar cakram putra, lari gawang 100 m putri, lari 400 m putra-putra, lari 1.500 m putra putri, serta estafet 4x100 m campuran.

“Dari sekian banyak nomor itu, kans meraih medali emas pertama ada pada nomor lompat jauh melalui Ahmad Ambali Syukur. Tahun lalu [ASG 2018] ia berhasil meraih emas di nomor lompat jauh. Semoga tahun ini bisa dipertahankan,” ujar Fadlin saat dijumpai Semarangpos.com di Stadion Tri Lomba Juang, Kamis pagi.

Fadlin mengatakan tahun ini tim atletik Indonesia diperkuat 34 atlet, yang terdiri dari 17 atlet putra dan 17 atlet putri. Dari atlet sebanyak itu, mayoritas merupakan muka baru atau sebelumnya tidak tampil pada ASG 2018 yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia.

Banyaknya muka baru itu pulalah yang membuat tim atletik Indonesia tidak berani memasang target tinggi. Mereka hanya memasang target meraih 8 medali emas, sama dengan pencapaian tahun lalu.

Atlet asal Singapura melakukan latihan di Stadion Tri Lomba Juang untuk menghadapi ASEAN School Games di Semarang, Kamis (18/7/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

“Atlet yang tahun lalu meraih medali sudah enggak ikut. Jadi banyak muka baru. Bisa meraih 8 emas dari 38 emas yang diperebutkan sudah bagus. Kami akan berusaha sebaik mungkin,” jelas Fadlin.

Sementara itu, Ahmad Ambali mengaku optimistis bisa memberikan emas perdana bagi Indonesia dari nomor lompat jauh. Bahkan, pemuda asal Bangka Belitung itu menargetkan bisa meraih dua emas pada ASG tahun ini.

“Tahun lalu dapat dua medali, satu emas dan satu perunggu. Emas dari lompat jauh, sedangkan perunggu dari lompat jangkit. Semoga tahun ini bisa dua-duanya dapat emas,” ujar atlet berusia 18 tahun itu.

Selain atletik, emas perdana Indonesia pada ASG 2019 juga berpotensi dipersembahkan dari cabang olahraga (cabor) renang. Total ada 9 medali emas yang diperebutkan di cabor renang pada pelaksanaan hari pertama nanti.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten