SOLOPOS.COM - Pelari Indonesia Odekta Elvina Naibaho membentangkan bendera Merah Putih usai memenangi nomor lari maraton putri SEA Games Vietnam 2021 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Vietnam, Kamis (19/5/2022) yang lalu. (Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, JAKARTA – Manajer tim nasional atletik Indonesia Mustara Musa di Jakarta, Selasa mengatakan skuad Merah Putih membidik lima medali emas pada pesta olahraga terbesar di Asia Tenggara, SEA Games 2023 di Phnom Penh, Kamboja, 5-17 Mei 2023.

Sejauh ini, kata Mustara, persiapan atlet secara teknis sudah menuju kompetisi. Rencananya, Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) bakal mengadakan uji coba di Stadion Madya GBK, Senayan, Jakarta, Minggu (2/4/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Seharusnya atlet dan pelatih harus sudah mempersiapkan fisik dan mental suasana menuju pertandingan dan akhir pekan nanti, akan ada tes pengukuran per nomor perlombaan di sini,” kata Mustara dikutip Antara, Selasa (28/3/2023).

Uji coba di Stadion Madya, akhir pekan nanti, menjadi penting untuk mengetahui sejauh mana persiapan atlet dalam menghadapi pesta olahraga dua tahunan edisi ke-32 tersebut.

“Kita akan lihat sudah sejauh mana atlet, pelatih juga yang mempersiapkan positioning-nya,” ujar Mustara menambahkan.

Terkait target, lanjut Mustara, lima emas berdasarkan hasil evaluasi SEA Games 2021 yang bergulir tahun lalu di Vietnam dan catatan atlet selama menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas), termasuk mengikuti kejuaraan sebelumnya.

Beberapa nama yang diproyeksikan bisa menjadi yang terbaik pada SEA Games Kamboja yakni Maria Londa dari nomor lompat jauh putri, Eky Febri Ekawati dari nomor tolak peluru putri, Odekta Elvina Naibaho yang turun di nomor maraton putri, Safwaturahman dari nomor lompat jauh putra, dan Abdul Hafiz dari lempar lembing putra.

Selain itu, lanjut Mustara, sejumlah atlet muda lainnya diharapkan mampu membuat kejutan pada SEA Games 2023 di Kamboja seperti Valentin Vanessa Lonteng dari nomor lari jarak pendek atau sprint putri dan Diva Renata Jayadi yang turun pada nomor lompat galah putri.

Secara keseluruhan, atletik mempersiapkan 25 atlet untuk SEA Games Kamboja. Namun, lanjut Mustara, saat ini masih memperjuangkan tiga nama lagi untuk bisa bergabung dengan pelatnas.

Mereka adalah Suwandi untuk nomor lompat jauh putra, Wahyudi Putra pada nomor lari jarak jauh, dan Intan Violin untuk jalan cepat putri.

Atletik Indonesia telah melakukan satu kali uji coba dalam rangka persiapan menuju SEA Games 2023 yakni dengan mengikuti Thailand Open Track and Field Championship 2022 di National Athletics Centre, Pathum Thani, Thailand, 28 November-1 Desember 2022.

Dalam ajang internasional pertama dalam rangka persiapan SEA Games 2023 tersebut, Indonesia mengemas 11 medali emas, 7 perak, dan 3 perunggu dari total 30 atlet dengan rincian masing-masing 15 putra dan putri yang turun di 22 nomor perlombaan

Mustara berharap prestasi atletik Indonesia di SEA Games Kamboja dapat lebih baik dari SEA Games Vietnam, tahun lalu. Ketika itu, Indonesia mengemas tiga emas, lima perak, dan empat perunggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya