SOLOPOS.COM - Pelatih Atletico Madrid Diego Simeone dilemparkan ke atas oleh pemainnya. JIBI/Rtr/Marcelo del Pozo

Solopos.com, BARCELONA — Atletico Madrid baru saja menyabet gelar juara La Liga 2013/14. Sukses ini turut menorehkan sejumlah catatan bagi sang pelatih, Diego Simeone.

Trofi liga dalam genggaman Atletico setelah bermain1-1 dengan Barcelona di Camp Nou. Tertinggal lebih dulu lewat gol sensasional Alexis Sanchez di paruh pertama, Diego Godin memastikan hasil seri lewat tandukannya setelah turun minum.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Satu angka ini membuat Los Colchoneros mengakhiri liga di urutan teratas dengan 90 poin, unggul tiga poin dari Blaugrana di bawahnya. Real Madrid ada di peringkat ketiga dengan nilai yang sama dengan Barca usai menundukkan Espanyol 3-1 pada partai sebelumnya.

Statistik Infostrada seperti dilansir detiksport menyebut Simeone menjadi pelatih non-Eropa pertama yang berhasil menjuarai Liga Spanyol sejak kompatriotnya, Jorge Valdano, mencapainya pada 1994-95 saat menukangi Madrid.

Pelatih berkebangsaan Argentina itu juga menjadi orang ketiga yang memenangi titel La Liga untuk Atletico sebagai seorang pemain juga pelatih setelah Marcel Domingo dan Luis Aragones. Sebagai pemain, Simeone mengangkat trofi juara La Liga pada 1995/96.

Simeone kini berpoeluang menciptakan mimpi terbaiknya. Setelah menjuarai La Liga, Atletico punya peluang untuk menambah koleksi pialanya seusai lolos ke final Liga Champions.

Empat Piala
Diego Simeone juga layak masuk jajaran pelatih terbaik di Eropa saat ini. Dalam dua setengah musim menukangi Atletico Madrid, pelatih asal Argentina itu sudah mempersembahkan empat gelar juara.

Simeone mulai melatih Atletico pada Desember 2011. Dia menggantikan Gregorio Manzano yang dianggap gagal mengangkat performa Los Colchoneros. Simeone tak butuh lama untuk menjadikan Atletico sebagai tim tangguh. Hanya sekitar enam bulan setelah dikontrak, pria yang sempat melatih River Plate, Catania dan Racing itu langsung mempersembahkan trofi Piala Liga Europa.

Dalam laga final yang digelar di Arena Na?ionala, Bucharest, Mei 2012, Atletico meraih kemenangan mutlak dengan skor 3-0 atas Athletic Bilbao. Radamel Falcao jadi bintang Atletico dengan dua golnya, sementara satu gol lainnya dibuat Diego Costa.

Tiga bulan kemudian satu trofi lagi berhasil dibawa pulang ke Vincente Calderon. Kali ini di ajang Piala Super Eropa. Tak tanggung-tanggung, Atletico meraih kemenangan mutlak 4-1 atas Chelsea yang datang dengan status juara Liga Champions.

Di Stade Louis II, Monaco, Atletico langsung unggul empat gol lewat hat-trick Falcao dan satu gol lainya dari Miranda. Sementara gol balasan The Blues dilesakkan Gary Cahill.

Titel berikutnya yang didapat Simeone bersama Atletico adalah di kompetisi domestik, tepatnya di Copa del Rey. Berhasil masuk ke final musim 2012/2013, Atletico menjungkalkan Real Madrid dengan skor 2-1 dalam laga yang digelar di Santiago Bernabeu.

Piala keempat yang didapat tentu saja gelar juara La Liga 2013/2014. Atletico pun mematahkan duopoli Madrid dan Barcelona yang selalu bergantian jadi juara sejak 2005. Kali terakhir ada klub lain yang jadi kampiun adalah Valencia di periode 2003/2004.

Simeone berpeluang meraih trofi kelimanya bersama Atletico dalam jarak sepekan mendatang. Mereka akan bertarung menghadapi Madrid di final Liga Champions. (JIBI/SOLOPOS)

Trofi-trofi Diego Simeone di Atletico Madrid
• La Liga (1): 2013–14
• Copa del Rey (1): 2012–13
• UEFA Europa League (1): 2011–12
• UEFA Super Cup (1): 2012

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya