SOLOPOS.COM - ergantian cuaca dari musim kemarau ke musim hujan sering menimbulkan masalah pada hunian/Istimewa-PT Indaco Warna Dunia

Solopos.com, SOLO--Pergantian cuaca dari musim kemarau ke musim hujan sering menimbulkan masalah pada hunian. Masalah yang kerap muncul antara lain tembok rembes akibat adanya retak rambut, dak bocor akibat munculnya retakan setelah diterpa panas sebelumnya atau adanya pergerakan tanah.

Ketika rembesan pada tembok atau aliran air pada dak retak tidak segera diatasi, penghuni rumah bakalan repot setiap kali hujan. Tidak hanya itu, tembok pun mudah muncul belang akibat jamur. Tentu ini mengganggu keindahan ruangan. Belum lagi akibat konstruksi bangunan yang kurang bagus, akhirnya muncul pengapuran pada dinding.

Promosi Viral Dibanggakan Presiden Jokowi di Acara BRI, Ini Kisah UMKM Mama Muda

Kondisi ini tentu tak boleh dibiarkan, harus dicarikan solusinya. Top Sel, cat pelapis anti-bocor, antialkali, dan antijamur produk dari PT Indaco Warna Dunia bisa menjadi solusinya. Satu produk namun bisa untuk mengatasi gangguan pada tembok, genting, dak beton, dan galvalum.

Product Officer Top Seal PT Indaco Warna Dunia, Cuk Setiabudi, mengatakan penyebab terjadinya tembok rembes adalah kapilaritas air dari fondasi bangunan, dan kebocoran saluran air yang diserap oleh tembok.

Ekspedisi Mudik 2024

Tembok Rembes

Cara mengatasi tembok rembes, apabila noda rembesan pada tembok masih samar-samar, cukup dilakukan pengamplasan hingga noda hilang, kemudian bersihkan. Bisa dengan kuas atau lap kering. Top Seal dari Indaco juga bisa untuk mengatasi retak rambut pada tembok.

“Setelah dibersihkan, lapiskan Top Seal  dengan pengenceran 20 persen air bersih. Lapisan pertama dilakukan secara vertikal dan biarkan kering minimal 2 jam. Setelah kering aplikasikan lapisan kedua secara horizontal,” terang Cuk Setiabudi kepada Solopos.com, di kantor PT Indaco Warna Dunia Jl. Raya Solo-Sragen Km. 13,2, Desa Pulosari, Kebakramat, Karanganyar, belum lama ini.

Lapisan elastis pada Top Seal mampu menahan air agar tidak masuk ke pori-pori tembok lebih dalam, sehingga mencegah terjadinya rembes dan bocor.

Dak Bocor

Technical Aplicator PT Indaco Warna Dunia, Gembong Lantip Raharjo, mengatakan penyebab dak bocor salah satunya akibat pelat beton mengalami perubahan suhu panas dingin yang ekstrem sehingga memicu timbulnya keretakan. Terjadinya pergerakan pada struktur bangunan atau pondasi juga bisa menyebabkan dak retak.

Solusi dari dak bocor, lanjutnya, bersihkan dahulu permukaan dak dari lumut dengan sikat dari kawat kemudian bersihkan. Setelah itu lakukan pelapisan Top Seal tiga kali.

“Pelapisan Top seak pertama dilakukan secara vertikal, setelah kering lakukan pelapisan kedua secara horizontal, dan ketiga secara vertikal. Ini dilakukan agar pelapisan semakin rapat dan lapisan yang menempel lebih merata. Pengaplikasian juga dilakukan tanpa pengenceran, maksimal 10 persen campuran air,” jelasnya.

Apabila kebocoran atau retaknya melebihi 2 mm, menurut Gembong, harus ditambahkan serat fiber. Tempelken serat fiber pada lokasi retakan yang lebih dar 2 mm, kemudian lapiskan Top Seal, tiga hingga empat kali tanpa campuran air.

Tembok Belang

Penyebab tembok belang, menurut Cuk Setiabudi, acian masih dalam kondisi basah langsung dilakukan pengecatan sehingga garam-garam alkali dalam acian semen terbawa ke permukaan sehingga merusak lapisan cat.

Cat Tembok Bergelembung? Top Seal Indaco Solusinya

Top Seal adalah cat anti-bocor terbaik dengan tambahan formula antialkali.

“Formula antialkali ini menghambat serangan garam alkali yang timbul karena rembesan air di dalam tembok,” ujarnya.

Lapisan elastis pada Top Seal mampu menahan air agar tidak masuk ke pori-pori tembok lebih dalam, sehingga mencegah terjadinya rembes dan bocor.

Indaco, Pelopor Cat Sehat Ramah Lingkungan

Cuk Setiabudi mengungkapkan lapisan Glosprotect Technology membuat lapisan film yang kilap, elastis, kedap air, dan tahan lama sehingga menjadikan Top Seal lebih unggul dibandingkan produk sejenis lainnya.

“Selain digunakan sebagai cat antibocor, Top Seal dengan tampilan glossy juga dapat digunakan sebagai cat dekoratif, baik eksterior atau interior. Top Seal tersedia dalam 25 warna termasuk transparan, dan 1.220 varian warna pilihan Colour Innovation Tinting System,” ujar Cuk Setiabudi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya