SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SEMARANG — Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada 2013 akan membangun sebanyak 13 waduk untuk mengatasi krisis air. Menteri PU, Djoko Kirmanto, mengatakan pembangunan 13 waduk itu tersebar di sejumlah daerah di Indonesia.

“Pembangunan waduk-waduk ini untuk mengatasi terjadinya krisis air di Indonesia,” katanya pada peringatan Hari Air Dunia XXI Tingkat Nasional 2013 di kawasan Kali Banjir Barat, Kota Semarang, Senin (6/5/2013).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Waduk itu, antara lain akan dibangun di Pulau Jawa yakni Cilacap, Jateng dan Kuningan Jawa Barat (Jabar).

Pembiayaan pembangunan 13 waduk ini, ujar Djoko, menggunakan dana Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang bersifat multi years.

Sebab proses pembangunan waduk tersebut membutuhkan waktu lama antara tiga hingga lima tahun.

“Ground breaking pembangunan 13 waduk ini diharapkan bisa dimulai pada 2013 ini,” harap Menteri PU.

Sebelumnya, imbuh dia, pada 2009 Kementerian PU telah membangun sebanyak 11 waduk di sejumlah daerah. Untuk mengatasi krisis air ini, sambung Djoko, sebenarnya bukan hanya menjadi tugas pemerintah saja, tapi masyarakat juga harus ikut berpartisipasi.

“Masyarakat bisa melakukan hutanisasi, serta tidak membuang sampah di bantaran sungai dan di badan-badan air,” ungkap Djoko Kirmanto.

Gubernur Jateng, Bibit Waluyo dalam kesempatan yang sama menyatakan melalui peringatan Hari Air Dunia semua pihak supaya ikut menyelamatkan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya