SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOGJA—Untuk mengantisipasi maraknya kekerasan terhadap anak, Rifka Annisa mengadakan sosialisasi dini kepada anak dengan dilakukan melalui kegiatan dongeng di sekolah-sekolah baik SD, SMP, maupun SMA.

Diawal 2012 ini, Rifka Annisa memulai kegiatannya dengan melalukan sosialisasi di SD Karangrejo Sidomulyo dengan menggelar acara dongeng bagi siswa kelas  5 dan 6 di sekolah tersebut.
Melalui dongeng, Penceramah  menekankan pada anak tentang apa yang harus dilakukan jika anak laki-laki maupun perempuan mengalami perlakuan seperti hal tersebut. Langkah awal yang harus dilakukan anak adalah menolak atau melarang orang melakukan hal tersebut dengan cara harus berani mengatakan jangan atau tidak boleh secara tegas. Apabila pelaku terus nekat, maka anak harus segera menghindar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Jika pelaku masih nekat lagi, maka anak harus berteriak dan berlari menghindar.
Humas Rifka Annisa, Any Sundari, mengatakan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk keprihatinan terhadap trend kasus kekerasan 2011, yaitu ada kekerasan anak di sekolah yang dilakukan oleh guru, ataupun siswa berkelompok antara 6 sampai 7 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

“Sebenarnya banyak yang melakukan hal itu, tapi mungkin belum banyak diketahui,” ucap dia, hari ini (28/1)

Lebih lanjut, ia mengatakan hal itu disebabkan oleh kurangnya perhatian sekolah maupun lingkungan terhadap pendidikan seks. Pendidikan seks sejak dini masih dianggap tabu oleh bakyak sekolah atau masyarakat. Padahal menurut dia pendidikan seks sejak dini amatlah penting dan diyakini bisa mencegah tindak kekerasan pada anak.

“Dari diskusi yang kita lakukan justru menanamkan pendidikan seks sejak dini itu penting, karena kalau masih anak-anak pikiran mereka kan masih kosong, kalau kita isi dengan pendidikan maka akan diingata sampai besar nanti,” imbuh dia. (HARIAN JOGJA/Eva Syahrani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya