Atasi Badai PHK, Sri Mulyani Pertimbangkan Pemberian Bantuan

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mempertimbangkan perlunya pemberian bantuan guna mengatasi badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sedang melanda sejumlah perusahaan di Tanah Air pada saat ini.

 Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa/Youtube Kemenkeu)

SOLOPOS.COM - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (Istimewa/Youtube Kemenkeu)

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mempertimbangkan perlunya pemberian bantuan guna mengatasi badai pemutusan hubungan kerja (PHK) yang sedang melanda sejumlah perusahaan di Tanah Air pada saat ini.

“Kami akan melihat instrumen mana yang bisa dibantu dan siapa yang harus dibantu, apakah korporasinya atau buruhnya,” ungkap Sri Mulyani dalam Konferensi Pers: APBN KITA November 2022 yang dipantau secara daring di Jakarta seperti dilansir Antara, Kamis (24/11/2022).

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Untuk membuat bauran kebijakan dalam mengatasi badai PHK tersebut, ia mengaku akan mendiskusikan terlebih dahulu dengan berbagai pihak yaitu Bank Indonesia (BI), Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), serta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Jika memang nanti buruh yang terkena atau terancam PHK yang diberi bantuan, akan dipertimbangkan apakah bantuan berasal dari Kemenaker atau BPJS Ketenagakerjaan. Sementara jika korporasi yang diberi bantuan, akan dipertimbangkan apa akan kembali diberikan penundaan atau pengurangan pembayaran pajak penghasilan (PPh) 25.

Sri Mulyani menjelaskan fenomena badai PHK antara lain terjadi karena pengendalian permintaan ekspor, terutama tekstil dan produk tekstil serta alas kaki, dari beberapa negara maju dengan kenaikan suku bunga acuan yang agresif. “Kami lihat ini dampaknya terhadap ekspor bukan hanya di Indonesia, tetapi di Vietnam dan Bangladesh,” ujarnya.

Baca Juga: Terus Bertambah, Berikut Daftar 21 Perusaaan yang PHK Karyawan

Ia menuturkan terdapat tekanan pada ekspor tekstil dan produk tekstil di beberapa korporasi pada bulan Oktober 2022, sedangkan ekspor alas kaki masih cukup baik. Maka dari itu, seluruh data korporasi tersebut akan terus dipantau, mulai dari tren impor bahan bakunya, ekspor, hingga pembayaran pajak untuk PPh, pajak pertambahan nilai (PPN), serta restitusi.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Solo-Jogja Cuma 1 Jam, Berikut Jadwal Perjalanan KRL Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Kamis (8/12/2022).

      Provinsi Jawa Tengah Masih Seksi untuk Investasi

      Jawa Tengah (Jateng) sejauh ini masih berkomitmen untuk tetap ramah terhadap investasi. Berbagai upaya dilakukan untuk terus menarik invstasi guna menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat.

      OJK Sebut Jawa Tengah Punya Modal Kuat di Sektor Perbankan

      Provinsi Jawa Tengah (Jateng) disebut memiliki modal kuat terkait kesiapan industri jasa keuangan untuk menghadapi tantangan ke depan.

      Cara Mendapatkan Uang Rupiah Digital, Simak Ya!

      Bank Indonesia (BI) meluncurkan white paper yang mencakup desain pengembangan Central Bank Digital Currency (CBDC) atau Rupiah digital. Lantas bagaimana cara mendapatkan uang Rupiah digital ini?

      Daftar 10 Orang Terkaya di Dunia Menurut Forbes, Intip Yuk!

      Tahun ini Forbes kembali merilis daftar orang terkaya di dunia tahun 2022 di tengah situasi ekonomi dan politik yang penuh tantangan. Siapa saja mereka?

      Tokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

      Kartu kredit besutan Tokopedia dan BRI, Tokopedia Card, sabet penghargaan sebagai kartu kredit terbaik di Indonesia.

      Pinjaman UMKM Tumbuh Positif, Investree Kenalkan Sahabat Bisnis & AIForesee

      Investree akan menyelenggarakan kembali konferensi tahunan i-Con 2022 dengan tema Empowering the Grow7h of Creative Industry through Fintech & Digital Ecosystem pada Rabu (14/12/2022).

      Bank Jateng Pertahankan Penyaluran Kredit Murah

      Pada 2023, Bank Jateng akan tetap fokus dalam penyaluran kredit murah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah.

      Ekonomi Global Berpotensi Melambat, Indonesia Masih Tumbuh Baik

      Kondisi global yang terjadi saat ini, seperti risiko stagflasi berdampak pada melambatnya perekonomian global. Meski begitu saat ini pertumbuhan ekonomi di Indonesia masih tinggi dibanding sejumlah negara di dunia.

      Lindungi Petani dari Resesi, Erick Siapkan BUMN Jadi Off Taker Hasil Panen

      Rapat Kabinet yang dipimpin langsung Presiden Joko Widodo pada Selasa (6/12/2022) menghasilkan sejumlah rumusan penting untuk mengantisipasi resesi ekonomi, utamanya di kalangan masyarakat kecil.

      200.000 Ton Beras Impor Segera Masuk Indonesia, Bapanas: Tak Ganggu Petani!

      Pemerintah akan menyiapkan beras impor sebesar 200.000 ton sebagai upaya mengamankan stok cadangan beras komersial. Beras dari luar negeri itu sewaktu-waktu dapat dibawa ke Indonesia.

      Unik, Daur Ulang Limbah Sabun Bekas Jadi Pohon Natal di Adhiwangsa Hotel Solo

      Hal yang unik pada Natal tahun ini, Adhiwangsa Hotel & Convention membuat pohon natal dengan bahan dasar sabun bekas.

      OJK Blokir 618 Pinjaman Online Bodong, Ini Perbedaan Pinjol Legal Vs Ilegal

      OJK telah memblokir 618 pinjaman online ilegal atau pinjol ilegal sepanjang 2022, terhitung sejak Januari – November 2022.

      Widodo Makmur Unggas Bantu Logistik untuk Warga Gunungkidul Terdampak Banjir

      PT Widodo Makmur Unggas Tbk (WMUU) melalui unit usahanya di Padukuhan Daguran Kidul, Kelurahan Beji, Kapanewon Ngawen, Gunungkidul telah memberikan bantuan logistik kepada pemerintah Kalurahan Watusigar.

      Harga Emas Pegadaian Rabu 7 Desember 2022 Anjlok, Saatnya Beli untuk Investasi!

      Harga emas yang dijual di Pegadaian Rabu (6/12/2022) hari ini, terpantau turun untuk Antam dan cetakan UBS.

      Total Pinjaman Orang di Pinjol Rp16,72 Triliun, Ini Penjelasan OJK

      Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat total penyaluran pinjaman financial technology (fintech) atau pinjol hingga Oktober 2022 mencapai Rp16,72 triliun.