SOLOPOS.COM - Dua pengunjung berswafoto dengan latar belakang bangunan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat saat keliling naik skuter listrik sewa di Kori Kamandungan, kompleks Keraton Solo, Minggu (2/1/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Daya tarik Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai salah satu destinasi wisata di Kota Solo bertambah dengan ada layanan skuter listrik sejak beberapa waktu lalu.

Hal itu sedikit mengubah pemandangan di lingkungan Keraton. Banyak skuter listrik berkeliaran di kawasan itu. Skuter listrik itu bisa disewa dari tempat penyewaan yang ada di lokasi tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Banyak pengunjung yang memanfaatkan skuter listrik itu untuk mengelilingi kompleks Keraton Solo. Seperti Setyowati yang datang langsung dari Sragen untuk berwisata ke Keraton Solo.

Ia datang bersama tiga temannya untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Bukannya langsung masuk ke dalam Keraton Solo, Setyowati dan teman-temannya langsung menuju penyewaan skuter listrik.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca Juga: Sambut Pengunjung saat Libur Tahun Baru, Taman Jurug Solo Bersolek

“Seru saja. Menurut saya dengan adanya skuter ini Keraton jadi lebih ramai, daya tariknya bertambah,” katanya kepada Solopos.com, Minggu (2/1/2022).

Fariska, teman satu rombongan Setyowati, menambahkan mereka baru kali pertama itu mencoba wahana skuter listrik. Menurutnya hal itu menjadi pengalaman yang berbeda untuk berwisata di dalam Keraton. Sebab bisa berkeliling tanpa jalan kaki.

Cukup membayar Rp20.000 bisa memanfaatkan skuter listrik selama 15 menit. Saat itu mereka menyewa skuter di tempat penyewaan yang dikelola Muhtar Musthafa. Untuk menemukan lokasi penyewaan skuter listrik itu cukup mudah.

Baca Juga: Mobil Listrik Solo Gagal Jalan Gara-Gara Hujan, Ini Kata Gibran

3 Lokasi Persewaan Skuter Listrik

Setelah memasuki gerbang Keraton dari jalur Supit Urang, langsung ambil jalur kiri. Maka sebelum gerbang jalur kiri, sudah terlihat beberapa skuter berjajar. Muhtar mengatakan pada pekan terakhir Desember 2021, jumlah pengunjung Keraton lebih ramai dibanding biasanya.

Persewaan skuter listrik di Keraton Solo lebih ramai didatangi pelanggan. Alhasil omzet yang diperoleh Muhtar cukup lumayan besar. “Omzet, rata-rata Rp2,5 juta [dalam sehari]. Kebanyakan yang menyewa remaja,” tuturnya.

Muhtar menambahkan biaya sewa skuter listrik di kawasan Keraton mulai Rp15.000-Rp20.000 per 15 menit. Menurut informasi, ada tiga lokasi persewaan skuter di kawasan tersebut. Selain yang dikelola Muhtar, masih ada dua lokasi lagi yang menyewakan skuter.

Baca Juga: Pedagang Pasar Legi Diberi Waktu 10 Hari Untuk Pindah ke Bangunan Baru

Kebanyakan pengguna skuter listrik adalah kalangan remaja. Meski ada juga anak-anak yang ikut menyewa dan memanfaatkan skuter listrik untuk menikmati suasana keraton. Tempat penyewaan skuter lainnya ada di sebelah gapura jalur barat atau jalur kanan dari gerbang utama keraton.

Lokasi penyewaan itu dikelola Bila Luna. Ia mengatakan selain pengunjung yang datang langsung, skuternya banyak juga disewa secara online. Bahkan ia mengatakan penyewa lebih banyak yang memesan dulu secara online melalui instagram.

“Lebih banyak yang pesan secara online. Bisa pesan hingga satu jam. Kalau per jam, tarifnya Rp40.000,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya