Kategori: Solo

Asyik! Wisata Kuliner Malam Galabo Solo Dibangkitkan Lagi, Ini Rencana Mas Wali


Solopos.com/Kurniawan

Solopos.com, SOLO -- Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, bertekad membangkitkan kembali wisata kuliner malam Gladak Langen Boga atau Galabo di kawasan Gladak, Pasar Kliwon.

Salah satu pusat kuliner Kota Bengawan ini pernah mencapai masa jaya semasa Solo dipimpin Wali Kota Joko Widodo (Jokowi) yang kini menjadi Presiden RI. Namun seiring berjalannya waktu, pesona Galabo kian redup dan ditinggal penggemarnya.

Keseriusan Gibran menata Galabo ditunjukkan dengan mengunjungi kawasan itu pada Senin (17/5/2021) sore. Ia ditemani Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi. Mereka melihat-lihat kondisi Galabo sisi barat.

Baca Juga: 4 Jam Galang Dana Untuk Palestina, Sukarelawan Muhammadiyah Sragen Himpun Rp51,7 Juta

Mereka juga sempat berbincang dengan beberapa pedagang di pusat wisata kuliner malam Galabo Solo tentang berbagai permasalahan yang dihadapi beberapa tahun terakhir. Bagi Gibran, keberadaan Galabo tidak sekadar pusat kuliner penggerak ekonomi warga.

Sebab ternyata putra Presiden Jokowi itu pernah intensif berkunjung ke Galabo ketika masih lajang. Informasi yang dihimpun Solopos.com, ketika masih lajang Gibran kerap main ke salah satu kios Galabo milik orang tua Selvi Ananda.

Ketika awak media meminta konfirmasi kepada Gibran, ayah dari dua anak itu tidak membantah. “Dulu ramai banget, ramai banget. Hari Sabtu-Minggu sehari bisa Rp1 juta hingga Rp2 juta [omzet] warung-warung di sini,” tuturnya.

Baca Juga: Geger! Balon Udara Bawa Petasan Meledak di Tengah Kampung Sabrang Delanggu Klaten

Aneka Hiburan

Gibran menilai wisata kuliner malam Galabo masih berpotensi untuk diramaikan kembali mengingat letaknya yang sangat strategis di pusat kota Solo. Ia ingat persis salah satu daya tarik Galabo adalah adanya aneka hiburan bagi pengunjung, seperti live music.

“Iya, dulu ada musik, organ tunggal, macem-macem. Itu ingin kita hidupkan kembali. Galabo sebagai penggerak ekonomi masyarakat. Apalagi Galabo kan sudah dikenal sebagai salah satu ikon atau daya tarik kota,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan Solo, Heru Sunardi, mengatakan akan ada penambahan aktivitas di Galabo untuk menambah daya tarik. Selain wisata kuliner, menurutnya, akan ada night market di kawasan Galabo.

Baca Juga: Insiden Perahu Terbalik Kedungombo, Pemkab Boyolali: Posisi Kami Serba Repot

“Mas Wali ingin menghidupkan kembali Galabo malam hari. Termasuk juga akan ada penambahan-penambahan aktivitas. Tampaknya nanti wedangan di sekitar Telkom, Pasar Klewer ke barat, itu dijadikan satu di sini,” urainya.

Untuk lebih memperkuat magnet Galabo, Heru menerangkan akan ada berbagai kegiatan kesenian dan kebudayan pada malam hari.

Share