SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/dok)

JOGJA—PT KAI menerapkan tarif kereta komuter Maguwo Ekspres berdasarkan jarak tempuh. Kebijakan tersebut diberlakukan sejak awal pekan lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tarif kereta komuter Maguwo Ekspres yang melayani rute Purwokerto-Maguwo yang semula dipatok Rp60.000 untuk sekali perjalanan, turun menjadi Rp50.000.

Kepala Humas PT Kereta Api Daerah Operasi VI Jogja, Eko Budiyanto mengatakan, setelah melakukan evaluasi, PT. KAI Daop VI memutuskan adanya penurunan tarif untuk Maguwo Ekspres.

“Tidak hanya tarif Purwokerto-Maguwo, kami memberikan tarif baru untuk rute Kutoarjo-Maguwo,” kata Eko Jumat (28/9) di Balaikota.

Menurut dia, penentuan tarif baru untuk Maguwo Ekspres tersebut dilakukan berdasarkan jarak. Untuk jarak kurang dari 76 kilometer, tarif yang diberlakukan adalah Rp20.000. Jarak tersebut, kata Eko, sama dengan jarak antara Jogja ke Kutoarjo.

Adapun jarak tempuh antara 77 km-109 km, tarif yang ditetapkan adalah Rp40.000 dan jarak 110 km-180 km tarifnya Rp50.000.

Eko mengatakan, sejak diluncurkan pada pertengahan Agustus lalu, okupansi Maguwo Ekspres belum mencapai 50% untuk sekali jalan.

“Okupansi Maguwo Ekspres belum maksimalnya, ini menjadi salah satu alasan penurunan tarif,” katanya.(ali)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya