SOLOPOS.COM - Sekda Kota Semarang, Iswar Aminuddin, menjajal sepeda motor listrik yang akan disediakan untuk wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang di Balai Kota Semarang, Sabtu (24/9/2022). (Solopos.com-Ponco Wiyono)

Solopos.com, SEMARANG — Pemerintah Kota Semarang rupanya benar-benar serius menjadikan Kota Semarang sebagai kota yang ramah lingkungan dengan penggunaan kendaraan listrik. Setelah pada Agustus lalu membeli bus listrik dan berencana menggunakan mobil listrik untuk mobil dinas kepala daerah, kini Pemkot Semarang siap menyediakan sepeda motor listrik untuk wisatawan.

Nantinya, wisatawan yang berkunjung di Kota Semarang bisa menyewa sepeda motor listrik yang disediakan Pemkot Semarang. Sepeda motor listrik ini disediakan Pemkot Semarang bekerja sama dengan Beam Mobility Holdings.

Promosi Hari Ini Jadi Cum Date Dividen Saham BBRI, Jangan Ketinggalan THR dari BRI

Penandatanganan kesepakatan kerja sama antaran Pemkot Semarang dengan Beam Mobility Holdings selaku penyedia unit sepeda motor listrik dilakukan di Balai Kota Semarang, Sabtu (24/9/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Semarang, Iswar Aminuddin, mengatakan banyak hal positif yang bisa diraih melalui penggunaan sepeda motor listrik. “Satu langkah lagi ke depan sudah kita capai untuk memperbaiki lingkungan. Paling tidak dengan menggunakan kendaraan listrik, suhu udara bisa kita turunkan,” kata Iswar seusai penandatanganan MoU di Balai Kota Semarang.

Rencana, lanjut Iswar, sepeda motor bertenaga listrik akan disewakan untuk kegiatan wisata di Kota Semarang. Titik-titik parkir sepeda motor listrik ini, lanjut Iswar saat ini belum dipastikan. Meski demikian, pastinya sepeda motor listrik itu akan diletakkan di tempat-tempat strategis, yang berdekatan dengan lokasi wisata.

Baca juga: Tahun Depan, Wali Kota Semarang Gunakan Mobil Dinas Listrik

“Sore ini baru MoU. Teknisnya nanti biar tim yang menentukan,” lanjutnya.

Untuk bisa menikmati sepeda motor listrik ini, masyarakat atau wisatawan yang berkunjung ke Kota Semarang bisa menyewa. Melalui persewaan sepeda motor listrik untuk wisata ini, Iswar berharap perekonomian Kota Semarang akan semakin terdongkrak.

Sementara itu, Country Head Beam Mobility Holdings Indonesia, Adi Muzadi, mengatakan sebanyak 250 unit sepeda motor listrik sudah disiapkan dalam kerja sama tersebut. Meski demikian, jumlah itu akan ditingkatkan sesuai dengan perkembangan dan permintaan pasar.

Baca juga: Pabrik Volta Semarang Targetkan 5.000 Unit Motor Listrik Tiap Bulannya

“Setelah sepekan atau dua pekan, baru kami tambah secara berangsur dan bertahap. Seperti yang Pak Sekda tadi sampaikan, Semarang adalah Smart City pertama di Indonesia sejak 2014. Ini kendaraan yang bisa menunjang Smart City di Semarang,” ujar Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya