SOLOPOS.COM - Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta (tengah) memasang helm kepada pembonceng sepeda motor saat menggelar aksi bagi helm di simpang tiga Jalan Jaksa Agung R Suprapto, Sukoharjo, Selasa (13/3/2018). (Istimewa/Humas Polres Sukoharjo)

Satlantas Polres Sukoharjo bagi-bagi helm.

Solopos.com, SUKOHARJO—Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sukoharjo membagi-bagikan helm bagi pengendara yang melintas di simpang tiga Jl. Jaksa Agung R Suprapto, Selasa (13/3/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebanyak 25 unit helm standar nasional Indonesia (SNI) dibagikan kepada pengendara maupun pembonceng. Helm lama tetap disertakan untuk dibawa pulang pemilik dengan harapan helm tersebut bisa dipakai bagi pembonceng atau tetangga yang berkendara sepeda motor.

“Pemberian atau bagi-bagi helm ini bertujuan meningkatkan disiplin bagi pengendara sepeda motor,” ujar Kasatlantas Polres Sukoharjo, AKP Finan Sukma Radipta, mewakili Kapolres Sukoharjo, AKBP Iwan Saktiadi, di sela-sela kegiatan.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan serangkaian Operasi Keselamatan Candi 2018 yang digelar sejak sembilan hari lalu.

Kasatlantas menyatakan anak kecil yang dibonceng ayah maupun anggota keluarga diberi helm.

“Pemberian helm bagi anak kecil diharapkan terpatri pemikiran disiplin menggunakan helm. Penggunaan helm tak hanya bagi pengendara, tetapi juga pembonceng walau anak kecil. Bagi-bagi helm ini merupakan kegiatan kampanye preemtif atau pencegahan sehingga keselamatan berlalu lintas tetap diutamakan,” papar dia. (baca juga: Satlantas Polres Sukoharjo Bentuk Satgas Reaksi Cepat Tangani Kecelakaan)

Dia mengatakan selain helm juga dibagikan suvenir kepada pengguna jalan di ruas jalan tersebut khususnya bagi pengguna jalan yang tertib dan lengkap.

“Suvenir sebagai bentuk penghargaan kepada masyarakat yang disiplin dan tertib karena lengkap berkendara. Suvenir ini untuk memotivasi pengendara sepeda motor lain senantiasa mengutamakan kedisiplinan dalam berlalu lintas. Kami berharap aksi ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas,” paparnya.

Sementara itu, seorang pengendara sepeda motor Sumar, 41, warga Tawangsari mengaku senang adanya aksi bagi-bagi helm. Dia berharap pembagian helm SNI dilakukan di pinggiran Sukoharjo seperti Bulu, Weru, Tawangsari, Polokarto maupun Bendosari. Menurut dia, di daerah pinggiran masih banyak dijumpai pengendara sepeda motor tidak menggunakan helm.

“Anak kecil dan pelajar jarang menggunakan helm meski menggunakan sepeda motor. Bagi-bagi helm itu bisa dilakukan di sana [daerah pinggiran],” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya