Ilustrasi pijat dan spa (felspointhotel.com)

Solopos.com, SOLO -- Berkaitan dengan rencana pengembangan wisata kesehatan dan kebugaran, Dinas Pariwisata Solo segera kembali menginventarisasi tempat usaha pijat dan spa. Hal itu untuk memastikan potensi destinasi wisata kesehatan dan spa di Solo.

Kepala Dinas Pariwisata Solo, Hasta Gunawan, mengatakan saat ini Solo memiliki beberapa panti pijat maupun spa serta lokasi wisata kesehatan lainnya. Namun untuk memastikannya, pihaknya akan kembali mendata serta memastikan kesiapan dari tempat-tempat tersebut dalam menyambut rencana pengembangan wisata kesehatan.

"Tapi kami akan lakukan inventarisasi, kita memiliki apa saja saat ini. Kami sekaligus ingin melihat bagaimana perizinannya, pelayanan dan sebagainya. Sebab ini kaitannya dengan destinasi wisata," kata dia saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (2/12/2019).

Lihat Orang Titip Dagangan di Wedangan Solo, CEO Jouska Terheran-Heran

Dia mengatakan dengan masih banyaknya tempat pijat, spa maupun usaha lain yang berkaitan dengan wisata kesehatan, tentu bisa dilihat sebagai peluang.

"Namun tentunya harus dipastikan bahwa tempat-tempat tersebut menjalankan pelayanannya sesuai aturan. Jangan sampai justru kesannya miring, sebab di sisi lain kami juga tengah mengembangkan wisata religi di Solo, itu nanti bisa kontra produktif. Jangan sampai karena mengejar peluang, tapi hasilnya mengecewakan," kata dia.

Berdasarkan data 2018 dari Dinas Pariwisata Solo, ada sekitar 41 panti pijat di Solo. Selain itu ada sekitar 19 spa di Solo.

Setelah melakukan pendataan, ke depan pihaknya juga akan melakukan penertiban dan pengawasan untuk memastikan wisata kesehatan di Solo benar-benar aman dan nyaman untuk semua orang.

Jokowi Tolak Wacana Jabatan Presiden 3 Periode, PKS: Cek Koalisi Anda Pak

"Fungsi pemerintah mengatur, jangan sampai tidak punya izin. Kemudian masalah kelayakan tempat, sertifikasi, pengawasan dan sebagainya," lanjut dia. Untuk pengembangan wisata kesehatan ini pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan daerah lain di sekitar Solo.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten