SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo dan sejumlah perbankan menyediakan layanan penukaran uang baru yang dipersembahkan bagi pemudik. Layanan dimulai Kamis (30/5/2019) hingga Sabtu (1/6/2019) di rest area tol Solo-Ngawi.

Kepala Tim Sistem Pembayaran Pengelolaan Uang Rupiah dan Layanan Administrasi (SPPURLA) BI Solo, Bakti Artanta, mengatakan kegiatan penukaran uang digelar dengan memanfaatkan mobil kas keliling baik dari bank umum maupun dari BI. Untuk lokasi penukaran dipusatkan di Rest Area KM 519 A dan 519 B.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

“Modal kerja [uang] yang disiapkan [khusus di rest area] sebesar Rp7,9 miliar dengan target sebanyak 1.800 orang penukar,” kata dia kepada wartawan, Kamis (30/5/2019).

Dia mengatakan untuk Estimasi Kebutuhan Uang (EKU) tahun ini sebanyak Rp5,408 triliun. Jumlah itu meningkat 3% dari tahun lalu yang hanya sekitar Rp5,2 triliun. “Dengan beberapa pertimbangan, diperkirakan realisasi hanya mencapai sekitar 78%,” lanjut dia.

Penukaran uang di Soloraya dilayani di bank umum, BPR, BPRS, Pegadaian dan Pos di 150 lokasi. Hingga Kamis, realisasi penukaran sebesar Rp132,8 miliar. Jumlah tersebut diakses oleh sebanyak 30.681 orang. Untuk penukaran uang melalui kas keliling di enam lokasi, realisasi penukaran mencapai Rp1,9 miliar dan jumlah penukar sebanyak 575 orang.

Untuk pelayanan kas keliling bersama dengan bank umum dan BPR di enam kantor Pemerintah Kabupaten di Soloraya mencapai Rp15,4 miliar dengan jumlah penukar sebanyak 3.935 orang. Terakhir, kegiatan layanan bersama bank umum, BPR, BPRS, Pegadaian dan Pos Indonesia juga digelar di Benteng Vastenburg. Realisasi penukaran yang digekar pada 27-29 Mei tersebut sebesar Rp15,2 miliar, dengan jumlah penukar sebanyak 3.500 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya