SOLOPOS.COM - Diskominfo Pemkab Klaten menyiapkan merchandise kepada pemohon informasi, sebagai bentuk penghargaan partisipasi masyarakat dalam membangun keterbukaan informasi di Klaten Bersinar. (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Solopos.com, KLATEN – Inovasi terus dilakukan desk layanan informasi publik di Dinas Komunikasi Informatika atau Kominfo Kabupaten Klaten. Tidak hanya penataan tempat, namun juga ada kejutan bagi pemohon informasi yang datang desk tersebut.

Bagi pemohon informasi yang datang ke desk layanan di lobi utama lantai dua gedung baru di lingkungan Setda Klaten, bakal mendapat kejutan. Karena Dinas Kominfo Klaten telah menyiapkan merchandise.

Promosi Pegadaian Area Surabaya 2 Gelar Festival Ramadan 2024 di 2 Lokasi

“Kita siapkan merchandise. Itu sebagai bentuk penghargaan atas partisipasi masyarakat dalam membangun keterbukaan informasi,” kata Kepala Dinas Komunikasi Informatika Klaten Amin Mustofa sekaligus sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama Pemkab Klaten.

Pasar Tiga Lantai Klaten Bakal Dibangun Dalam 2 Tahap

Amin Mustofa menjelaskan bahwa PPID Klaten terus berinovasi. Selain penguatan tata kelola informasi, sesuatu yang baru terus dicoba untuk memberikan layanan yang terbaik bagi masyarakat.

“Kita ingin memberi nilai tambah dari setiap layanan publik yang ada. Artinya pelayanan itu tidak sekadar tugas dan tanggung-jawab selaku badan publik. Setelah itu selesai, tapi bagaimana juga pentingnya membangun kesan. Karena kesan itu adalah image atau branding. Sehingga PPID Klaten terus melakukan perbaikan agar kualitas layanan meningkat” ujar Amin Rabu (25/11/2020).

Peringati Hari Guru, Ini Kejutan Siswa SMP Birrul Walidain untuk Para Guru Mereka

Apresiasi Pemerintah

Dia menambahkan bukti dari inovasi dan perbaikan kualitas layanan itu adalah penampilan desk layanan informasi di PPID Klaten. Walaupun masih ada kekurangan, tapi seiring waktu dari sisi sarana prasarana terus dibenahi. Ketrampilan petugas layanan , attitude sampai tata kelola informasi berbasis sistim informasi terus disempurnakan.


Kepala Dinas Komunikasi Informatika Klaten, Drs H Amin Mustofa. MSi. (Solopos.com/Humas Setda Klaten)

Wujudkan Kemandirian Farmasi, Pemerintah Dukung Inisiatif Swasta Produksi Vaksin

“Salah satu inovasi tersebut adalah setiap pemohon informasi di PPID Klaten akan diberikan merchandise. Walaupun kecil nilainya, kami berharap masyarakat terkesan. Terpenting, ini adalah komitemen sekaligus bentuk apresiasi pemerintah atas partisipasi publik dalam membangun keterbukaan informasi. Itu yang kita hargai. Merchandise ini hanya untuk permohonan informasi langsung ke desk layanan informasi,” tambah Amin.

Berdasarkan data Laporan Kinerja Tahunan Layanan Infomarsi Publik PPID 2019 tercatat ada 64 ajuan permohonan informasi. Permohonan informasi dilakukan melalui email PPID. Sebanyak dua permohonan informasi tidak dapat dipenuhi. Karena di luar batas kewenangan, sedang sisanya dapat dipenuhi.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya