Tutup Iklan

Asyik, Pemkot Solo Perpanjang Pemutihan Denda PBB

Pembebasan denda tunggakan pajak bumi bangunan (PBB) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diperpanjang hingga akhir Agustus mendatang.

Asyik, Pemkot Solo Perpanjang Pemutihan Denda PBB

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pajak. (Solopos-Whisnupaksa Kridhangkara)

Solopos.com, SOLO—Pembebasan denda tunggakan pajak bumi bangunan (PBB) dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Pemerintah Kota (Pemkot) Solo diperpanjang hingga akhir Agustus mendatang. Selain diharapkan dapat meringankan beban masyarakat, pemutihan juga bertujuan untuk mendata ulang potensi pajak. Kepala Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Kota Solo, Yosca Herman Soedrajad, mengatakan penghapusan denda merupakan upaya pendataan potensi PBB yang ditargetkan selesai 2020 mendatang.

Herman, sapaan akrabnya, mengatakan dari pelimpahan data tunggakan PBB dari Kantor Pajak Pratama (KPP) sebanyak 80 persen di antaranya merupakan wajib pajak yang tidak tertagih, seperti fasilitas publik, seperti beteng, sekolah, lapangan, dan tempat ibadah.

“Baik milik lembaga maupun kantor dan perseorangan, fasilitas publik ini tidak mungkin tertagih. Kemungkinan wajib pajak tidak tertagih kedua, adalah sekolah yang berdampingan dengan pusat ekonomi-bisnis. Terakhir, benar-benar wajib pajak yang menunggak,” kata dia, kepada wartawan, Selasa (25/6/2019).

Lewat kebijakan penghapusan denda, sambung Herman, 60 persen dari wajib pajak tertagih itu akhirnya menyambangi petugas. Dari situlah, pendataan potensi pajak bisa dilakukan. Sehingga, pihaknya tak memiliki target khusus perolehan pajak daerah dari program pemutihan. “Terus terang kami tidak fokus kepada nominal pembayaran, melainkan lebih berkonsentrasi terhadap inventarisasi potensi PBB," terang Herman.

Kasubid Penagihan BPPKAD Kota Solo, Widiyanto, menerangkan, selama ini Pemkot memberlakukan denda sebesar 2 persen dari ketetapan nilai pajak dengan maksimal pengenaan 30 persen atau 15 bulan. Wajib pajak bisa memanfaatkan penghapusan denda tunggakan itu selama kebijakan tersebut berlangsung. Sebelum penghapusan denda dimulai awal Juni, terdapat tunggakan PBB senilai Rp23,262 miliar. Sebanyak 486.823 wajib pajak diketahui belum menyelesaikan kewajiban mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini

Tambah Lagi, Total 107 Karyawan Pabrik Sepatu di Jaten Terpapar Covid-19

Karyawan pabrik sepatu di Kecamatan Jaten yang dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 bertambah menjadi 107 orang.

Lengkapi Barang Bukti, Polisi Sragen Ubek-Ubek Jamban Cari Celana Dalam Bocah Korban Pencabulan Sukodono

Polisi Sragen mengubek-ubek jamban untuk mencari celana dalam milik bocah korban pencabulan di Sukodono sebagai barang bukti,

Daihatsu Luncurkan Rocky 1.2L Terbaru di Indonesia

Daihatsu Rocky 1.2L merupakan hasil pengembangan putra-putri Indonesia melalui tim R&D PT.Astra Daihatsu Motor (ADM).

Waspada! 35 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Dunia Di Klaten Tak Punya Komorbid

Sebanyak 35% dari total jumlah pasien positif Covid-19 Kabupaten Klaten yang meninggal diketahui tidak memiliki komorbid.

Heboh Ivermectin untuk Pengobatan Covid-19, Bagaimana Faktanya?

Menanggapi kabar itu, Badan POM menjelaskan penggunaan Ivermectin untuk pengobatan Covid-19.

Perusakan Makam di Solo Dilakukan Anak-Anak, Pemerhati Anak: Ini Tanggung Jawab Bersama!

Pemerhati Anak, Ketua Sahabat Kapas, Dian Sasmita, menanggapi perusakan makam yang dilakukan oleh sepuluh anak-anak di Mojo, Pasar Kliwon, Solo.

BPCB Jateng Tutup Candi Ceto dan Sukuh Karanganyar, Ada Apa Ya?

BPCB Jateng menutup objek wisata Candi Sukuh, Candi Ceto, dan Museum Sangiran Klaster Dayu, Karanganyar, mulai 22 Juni hingga 2 Juli.

Habis Kunker, Puluhan Anggota DPRD Bantul Jalani Swab PCR

Anggota Dewan menjalani swab PCR karena Ketua DPRD Bantul dan salah satu anggota Komisi B dinyatakan positif Covid-19 seusai kunker.

Mangkrak 1 Tahun, Begini Kondisi SDN 2 Kragilan Sragen yang Disiapkan untuk Isolasi Pasien Covid-19

Bangunan SDN 2 Kragilan, Kecamatan Gemolong, Sragen, sudah tidak terpakai sejak setahun terakhir akan digunakan untuk tempat isolasi.

Terlambat Naik, Penjala Ikan di Banjarnegara Ini Terjebak di Tengah Sungai

Seorang penjala ikan di sungai serayu, Desa Bandingan, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara yang terjebak di tengah arus aliran deras sungai.

Euro 2020 Malam Ini: Cheska Vs Inggris dan Kroasia Vs Skotlandia

Inggris dan Rep Cheska sudah pernah bertemu sebanyak empat kali sejak 1998. Hasilnya, Inggris mampu menyabet dua kemenangan, Republik Cheska satu kali menang, sementara sisanya berakhir imbang.

Sepeda Anti Jatuh dari Tiongkok, Tetap Seimbang Saat Berhenti

Seorang Vlogger asal Beijing, Tiongkok menunjukkan sebuah sepeda otonom yang mampu tetap seimbang tanpa jatuh saat dalam keadaan berhenti.