SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, KULONPROGO- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus meningkatkan dan memperbaiki infrastruktut jalan di kawasan Bukit Menoreh dalam rangka percepatan pembangunan di wilayah ini.

Camat Samigaluh Wahyu Pujianto di Kulon Progo, Kamis mengatakan salah satu pembangunan infrastruktur jalan yang akan digarap adalah Bedah Menoreh, yakni pembangunan jalan raya yang menghubungkan akses dari Wates menuju Magelang, Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Bedah Menoreh merupakan pembangunan infrastruktur yang akan dilakukan oleh pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, terutama Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral DIY,” kata Wahyu.

Ia mengatakan Bedah Menoreh tersebut akan melewati sejumlah desa di Kecamatan Samigaluh yang meliputi Desa Kebonharjo, Banjarsari, Pagerharjo, dan Sidoharjo. Status jalan raya yang masuk dalam Bedah Menoreh, kata dia, memiliki status jalan propinsi, sehingga mampu dilewati oleh bus wisata dengan kapasitas penumpang yang besar.

Hal tersebut, lanjut Wahyu, tentunya akan membuka akses ke Kecamatan Samigaluh dan juga Kabupaten Kulon Progo wilayah utara lain. Akses jalan raya tersebut akan membuka akses wisata alternatif dari Jogja menuju Candi Borobudur melalui Wates. Jalur ini juga akan mendorong berkembangnya sejumlah potensi wisata unggulan yang dimiliki oleh Kulonprogo.

“Bedah Menoreh ini juga akan mendekatkan sejumlah potensi wisata yang berada di Kecamatan Samigaluh kepada wisatawan yang akan atau telah mengunjungi Candi Borobudur, seperti Puncak Suroloyo, Sendangsono, dan Desa Wisata Nglinggo,” katanya.

Ia mengatakan daerah tujuan wisata tersebut telah mempersiapkan diri menerima kunjungan para wisatawan melalui home stay yang ditawarkan oleh masyarakat setempat. Selain itu akan meningkatkan sejumlah potensi yang dimiliki Kecamatan Samigaluh, bukan hanya di sektor pariwisata, tetapi juga pengembangan produk unggulan seperti teh dan kopi Suroloyo, kayu cendana, cengkeh, bunga krisan hingga ternak kambing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya